Digitalisasi Bahasa Dan Sastra Jawa: Suatu Teknik Penempatan Data Dan Penggarapannya Menuju Budaya Nasional Dan Internasional

Supardjo, (2005) Digitalisasi Bahasa Dan Sastra Jawa: Suatu Teknik Penempatan Data Dan Penggarapannya Menuju Budaya Nasional Dan Internasional. Linguistika Jawa, 1 (1).

[img] PDF (Digitalisasi Bahasa Dan Sastra Jawa: Suatu Teknik Penempatan Data Dan Penggarapannya Menuju Budaya Nasional Dan Internasional )
Download (19Kb)

    Abstract

    Tulisan atau makalah ini menawarkan suatu pemikiran dengan cara memanfaatkan kecanggihan hasil teknologi dan kemajuan komunikasi, sebagai sarana sekaligus sebagai teknik untuk penempatan data Bahasa dan Sastra Jawa dan penggarapannya. Adanya sistem komunikasi internasional, seperti internet, sangat membantu dan memudahkan cara menyampaikan dan menerima informasi. Pentingnya, selain sistem komunikasi, teknologi baru ini membawa metode dan fasilitas yang lebih canggih dan fleksibel untuk mengatur dan menyimpan data. Teknologi seperti ini kami gunakan untuk penempatan dan penggarapan Bahasa dan Sastra Jawa dan hasilnya diharapkan akan bermanfaat bagi ilmu pengetahuan. Agar peningkatan pemahaman dan penelitian Bahasa dan Sastra Jawa dengan kemajuan bidang teknologi informasi dapat berjalan secara bersamaan, maka diperlukan suatu metode struktural, supaya data dan informasi yang berkaitan dengan Bahasa dan Sastra Jawa dapat disimpan di dalam komputer (digitalisasi). Dalam hal ini perlu juga mengembangkan perangkat lunak (software) agar dapat mengatur, menampilkan dan menyebarkan data dan informasi tersebut. Pengalaman penelitian menunjukkan bahwa data dan informasi Bahasa dan Sastra Jawa dapat diterapkan secara struktural, termasuk jenis tembang, gancaran, leksikon, dan lain-lainnya, sehingga dapat dikelompokkan dan dipilah-pilah sesuai dengan struktur komputer. Hal ini dikarenakan, fasilitas-fasilitas yang disediakan melalui komputer meliputi: pencarian teks, linking antara subjek, perbandingan antara bahasa dan teks masing-masing, dan fasilitas lengkap untuk membaca teks secara keseluruhan atau sebagian yang dipilih, secara cepat, tepat, dan mudah. Hasil-hasil daripada proyek digitalisasi Bahasa dan Sastra Jawa menunjukkan beberapa kemungkinan, karena perangkat lunak yang digunakan untuk mengatur dan menampilkan data serta informasi itu ternyata dapat juga ditempatkan pada sesuatu situs internet. Tempat internet itu dapat digunakan sebagai media penyediaan data dan hasil penelitian lainnya, sehingga dapat menjadi suatu tempat terpadu (a central point of contact) untuk Sastra dan Budaya Jawa, yang dapat diakses dari seluruh dunia. Dengan teknik penempatan dan penggarapan informasi Bahasa dan Sastra Jawa seperti ini, diharapkan merupakan langkah awal dari terbentuknya suatu sistem konsentrisitas budaya Jawa. Sistem digitalisasi ini diharapkan juga menjadi suatu contoh bagi Bahasa dan Sastra Daerah yang lain di Indonesia, untuk dapat diterapkan, digabung di tempat yang sama, dan berkembang bersama-sama untuk ketahanan budaya bangsa Indonesia.

    Item Type: Article
    Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Seni Rupa Murni
    Depositing User: mr azis r
    Date Deposited: 21 May 2013 18:21
    Last Modified: 21 May 2013 18:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/782

    Actions (login required)

    View Item