PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II PADA MATA DIKLAT NEGOSIASI DI SMK SUDIRMAN I WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2008/2009

UYUN, NOER FUADIYAH (2009) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II PADA MATA DIKLAT NEGOSIASI DI SMK SUDIRMAN I WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan : (1) keaktifan siswa kelas II P2 SMK Sudirman I Wonogiri dalam mengikuti mata diklat Negosiasi melalui model pembelajaran kooperatif STAD,(2) prestasi siswa kelasII P2 SMK Sudirman I Wonogiri dalam mengikuti mata diklat Negosiasi melalui model pembelajaran kooperatif STAD. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II program keahlian Penjualan SMK Sudirman I Wonogiri yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, guru kelas dan melibatkan partisipasi siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan berupa : (a) observasi, (b) wawancara, (c)tes. Prosedur penelitian meliputi tahap : (a) perencanaan tindakan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi dan interprestasi, dan (d) analisis dan refleksi Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan:(1) penerapan model pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkankeaktifansiswa selama pembelajaran. (2) penerapan model pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswaTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan : (1) keaktifan siswa kelas II P2 SMK Sudirman I Wonogiri dalam mengikuti mata diklat Negosiasi melalui model pembelajaran kooperatif STAD,(2) prestasi siswa kelasII P2 SMK Sudirman I Wonogiri dalam mengikuti mata diklat Negosiasi melalui model pembelajaran kooperatif STAD. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II program keahlian Penjualan SMK Sudirman I Wonogiri yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, guru kelas dan melibatkan partisipasi siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan berupa : (a) observasi, (b) wawancara, (c)tes. Prosedur penelitian meliputi tahap : (a) perencanaan tindakan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi dan interprestasi, dan (d) analisis dan refleksi Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan:(1) penerapan model pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkankeaktifansiswa selama pembelajaran. (2) penerapan model pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Lia Primadani
    Date Deposited: 22 Jul 2013 15:48
    Last Modified: 22 Jul 2013 15:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7796

    Actions (login required)

    View Item