PERBEDAAN PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN MOTOR ABILITY TERHADAP LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA SMP NEGERI 3 KARTASURA TAHUN 20010/2011.

SETIAWAN, (2011) PERBEDAAN PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN MOTOR ABILITY TERHADAP LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA SMP NEGERI 3 KARTASURA TAHUN 20010/2011. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (883Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh pendekatan teknis dan taktis terhadap hasil pembelajaran lompat jauh gaya jongkok siswa SMP Negeri 3 Kartasura tahun pelajaran 2010/2011. (2) Perbedaan pengaruh motor ability tinggi dan rendah terhadap hasil pembelajaran lompat jauh gaya jongkok siswa SMP Negeri 3 Kartasura tahun pelajaran 2010/2011. (3) Ada tidaknya interaksi antara pendekatan pembelajaran dan motor ability terhadap lompat jauh gaya jongkok pada siswa SMP Negeri 3 Kartasura tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas VII SMP Negeri 3 Kartasura sebanyak 102 siswa yang terdiri dari 8 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling. Jumlah pengambilan sampel dengan menggunakan rumus slovin dan diperoleh sampel sebanyak 40.49 dibulatkan menjadi 40 siswa yang diambil secara acak dari tiap kelas kemudian diukur tingkat motor abiltynya. Sampel yang digunakan yaitu 20 siswa dengan kategori motor ability tinggi dan 20 siswa dengan kategori motor ability rendah. Teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran. Untuk mengukur motor ability melalui Barrow Motor Ability Test dari Barry L. Johnson and Jack K Nelson (1986: 365) dan tes kemampuan lompat jauh gaya jongkok melalui tes lompat jauh gaya jongkok. Teknik analisis data yang digunakan adalah Anava faktorial 2 X 2 dan uji lanjut Newman Keuls. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan sebagi berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh pendekatan teknis dan taktis terhadap hasil pembelajaran lompat jauh gaya jongkok siswa SMP Negeri 3 Kartasura tahun pelajaran 2010/2011. Dari hasil analisis data menunjukkan Fo = 101.63 > Ft = 4.11. Pendekatan pembelajaran taktis lebih baik dari pada pendekatan pembelajaran teknis, dengan nilai rata-rata yaitu 38.85 dan 27.45. (2) Ada perbedaan pengaruh antara motor ability tinggi dan motor ability rendah terhadap peningkatan hasil pembelajaran lompat jauh gaya jongkok siswa SMP Negeri 3 Kartasura tahun pelajaran 2010/2011. Dari hasil analisis data menunjukkan Fo = 109.16 > Ft = 4.11. Motor ability tinggi memiliki peningkatan kemampuan lompat jauh gaya jongkok lebih baik dari pada motor ability rendah, dengan rata-rata peningkatan masing-masing yaitu 38.65 dan 27.65. (3) Tidak ada interaksi antara pendekatan pembelajaran dan motor ability terhadap peningkatan hasil pembelajaran lompat jauh gaya jongkok siswa SMP Negeri 3 Kartasura tahun pelajaran 2010/2011. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa Fhitung = 0.08 < Ftabel = 4.11.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 22 Jul 2013 15:44
    Last Modified: 22 Jul 2013 15:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7791

    Actions (login required)

    View Item