EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PMRI DIMODIFIKASI DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP DISCUSSION DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS X SMA DI KOTA SURAKARTA

BUDHIANI , FRANSISKA KARINDA (2010) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PMRI DIMODIFIKASI DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP DISCUSSION DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS X SMA DI KOTA SURAKARTA. PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (368Kb)

    Abstract

    Matematika merupakan salah satu ilmu yang sangat berperan dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam perkembangannya, pembelajaran matematika di Indonesia belum memuaskan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai hasil UN SMA mata pelajaran matematika yang belum maksimal. Di Kota Surakarta, nilai rata -rata UN SMA mata pelajaran matematika tahun 2009 untuk sekolah negeri adalah 6,82 dan untuk sekolah swasta adalah 5,91. Secara keseluruhan, nilai rata -rata UN matematika untuk sekolah SMA negeri dan swasta hanya mencapai 6,40. Dari nilai rata-rata tersebut nampak bahwa nilai rata- rata matematika masih rendah. Dalam perjalanannya, selalu muncul masalah klasik dalam pendidikan matematika yaitu rendahnya prestasi belajar matematika siswa. Masalah lain yang muncul adalah pembelajaran matematika yang masih mekanistik, dimana guru aktif mengajarkan matematika dengan menjelaskan, memberikan contoh kemudian latihan, sedangkan siswa hanya duduk melihat guru mencatat dan mengerjakan latihan. Oleh karena itu perlu peng embangan dunia pendidikan. Salah satunya dengan perbaikan kurikulum.

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Na'imatur Rofiqoh
    Date Deposited: 22 Jul 2013 15:14
    Last Modified: 22 Jul 2013 15:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7776

    Actions (login required)

    View Item