STRATEGI PROMOSI PERIKLANAN PERUSAHAAN ROTI NIKMAT MELALUI MEDIA DESAIN GRAFIS

YHUHARYANTO , DEVRATA (2009) STRATEGI PROMOSI PERIKLANAN PERUSAHAAN ROTI NIKMAT MELALUI MEDIA DESAIN GRAFIS. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (163Kb)

    Abstract

    Kondisi perdagangan saat ini yang begitu bebas menyebabkan begitu beragamnya produk yang turut meramaikan pasar nasional, baik yang berupa produk kebutuhan sehari-hari, produk hiburan sampai produk -produk kemewahan yang berasal dari berbagai penjuru dunia. Dengan keanekaragaman tersebut konsumen dapat dengan sangat mudah mendapatkan barang yang mereka inginkan, salah satu contohnya adalah produk makanan yaitu roti. Seiring dengan perkembangan jaman, banyak muncul p rodusen -produsen baru yang bergerak di bidang makanan jenis ini, selain karena banyaknya permintaan dari konsumen, sekarang ini roti bukan hanya dijadikan sebagai makanan sampingan, sebagian masyarakat telah menjadikannya makanan pokok sebagai pengganti na si. Memang tidak salah jika menjadikan roti sebagai makanan pokok pengganti nasi, karena selain kandungan yang terdapat pada roti, jenis makanan tersebut juga mudah bila di konsumsi. Hal tersebut menyebabkan banyak bermunculan produsen-produsen roti baru, baik sebagai usaha rumahan sampai produsen besar yang siap bersaing menghadapi pasar dengan produk -produk mereka masing-masing. Roti Nikmat adalah salah satu perusahaan yang bergerak memproduksi roti, yang beralamat di Jl. Jaya Wijaya No.89 Mojosongo Solo. Perusahaan roti yang dipimpin oleh Bapak Widodo ini bermula saat Bapak Widodo masih menjadi sales kerupuk, gula, telur dsb pada tahun 1994 -1995, hingga dilanjutkan menjadi sales roti. Pada tahun berikutnya, Bapak Widodo mulai membuat roti sendiri dengan modal sendiri kemudian dipasarkan dari rumah-kerumah dan warung-kewarung. Hingga kemudian usahanya dapat berkembang setelah melakukan pembagian modal untuk menambah modal yang ada, sehingga pada tahun 1997 usaha tersebut berkembang dan mampu meningkatkan hasil produksinya meski masih tergolong kecil. Tahun 1997 – 2000 tingkat penjualan bagus dan tidak digolongkan lagi sebagai usaha rumahan serta mampu memperluas pemasarannya. Hal tersebut didukung oleh beberapa factor pada saat itu yaitu murahnya bahan baku, daya beli masyarakat kala itu masih bagus, dan masih sedikitnya persaingan. Namun pada tahun 2001- sekarang penjualan mengalami penurunan, selain karena bahan baku naik dan daya beli masyarakat mulai menurun, banyak bermunculan kompetitor yang mana tidak hanya berasal dari Solo saja, tetapi dari kota -kota lain terutama dari Jawa Barat.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Desain Komunikasi Visual
    Depositing User: Na'imatur Rofiqoh
    Date Deposited: 22 Jul 2013 14:20
    Last Modified: 22 Jul 2013 14:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7766

    Actions (login required)

    View Item