PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK NHT ( NUMBERED HEAD TOGETHER) DISERTAI MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMP NEGERI I SUKOHARJO

PRADANA , DIAN RATIH (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK NHT ( NUMBERED HEAD TOGETHER) DISERTAI MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMP NEGERI I SUKOHARJO. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (346Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui bahwa pembelajaran kooperatif dengan teknik NHT ( Numbered Head Together ) dise rtai multimedia lebih baik dibanding pembel ajaran konvensional untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP N I Sukoharjo; (2) Untuk m engetahui adanya efektifitas pembelajaran kooperatif dengan teknik NHT (Numbered Head Together ) disertai multimedia untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri I Sukoharjo . Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasi experimental reseach) . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri I Sukoharjo tahun ajaran 2007/ 2008, sebanyak delapan kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling, sebanyak dua kelas yaitu kelas kontrol (VIIE), kelas eksperimen (VIIF). Kelas kontrol berjumlah 40 siswa, kelas eksperimen berjumlah 40 si swa. Untuk memenuhi persyaratan sebagai sampel maka dilaksanakan uji keseimbangan kemampuan awal antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan uji Z. Uji prasyarat analisis menggunakan metode liliefors untuk uji normalitas dan uji homogenitas dengan metode Bartlet. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t . Data penelitian ini berupa hasil belajar siswa yang meliputi aspek kognitif yang diperoleh dengan tes obyektif yang berbentuk pilihan ganda, aspek afektif diperoleh dengan angket dan aspe k psikomotor diperoleh dengan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Head Together ) disertai multimedia dapat meningkatkan hasil belajar biokogi siswa SMP Negeri I Sukoharjo; (2) Pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Head Together ) disertai multimedia lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar biologi, dimana pada ranah kognitif diperoleh t hitung =3,677 > t tabel = 1,667, ranah afektif diperoleh t hitung = 2,989 > t tabel = 1,667, dan ranah psikomotorik t hitung = 2,989 > t tabel 1,667; (3) Pembelajaran NHT (Numbered Head Together) disertai multimedia lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar biologi 10,28 % pada ranah kognitif, 6,67 % ranah afektif dan 6,82 % pada ranah psikomotorik. Kata Kunci : Pembelajaran kooperatif NHT disertai multimedia, hasil belajar biologi.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Na'imatur Rofiqoh
    Date Deposited: 22 Jul 2013 13:25
    Last Modified: 22 Jul 2013 13:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7749

    Actions (login required)

    View Item