PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Purwantoro Wonogiri)

Santoso , Edi (2009) PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Purwantoro Wonogiri). PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (518Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Perbedaan pengaruh antara penggunaan media pembelajaran Online dan LKS terhadap prestasi belajar kimia siswa. (2) Perbedaan pengaruh antara kemampuan awal tinggi dan kemampuan awal rendah terhadap prestasi belajar kimia siswa. (3) Interaksi pengaruh antara jenis media yang digunakan dan jenjang kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar kimia siswa. Penelitian dilaksanakan di SMA negeri 1 Purwantoro Wonogiri tahun pelajaran 2008/2009. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan fakt orian 2 x 2. Jumlah sampel 156 siswa kelas X, yang dibagi dalam empat kelompok , setiap kelompok terdiri dari 39 siswa. Data dikumpulkan dengan tes ulangan harian untuk variabel nilai tes prestasi belajar kimia, sedangkan untuk variabel kemampuan awal siswa dengan menggunakan nilai rapor ki mia kelas X. Teknik analisis data menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalur dan dilanjutkan dengan t-test pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis pengujian hipotesis menunjukkan bahwa : (1) Pembelajaran Online memberikan pengaruh yang lebih tinggi daripada pembelajaran dengan menggunakan media LKS terhadap prestasi belajar k imia ( Fhitung > Ftabel 5% atau 148,736 > 3,903 ) . (2) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara jenjang kemampuan awal tinggi dengan jenjang kemampuan awal rendah terhadap prestasi belajar kimia siswa. ( Fhitung > Ftabel 5% atau 225,464 > 3,903 (3) Tidak ada interaksi pengaruh yang signifikan antara jenis penggunaan media dengan jenjang kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar kimia siswa. ( Fhitung < Ftabel 5% atau 0,000 < 3,903 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Online dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar. Kemampuan awal perlu diperhatikan dalam melaksanakan pembelajaran Kimia .

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Na'imatur Rofiqoh
    Date Deposited: 22 Jul 2013 13:08
    Last Modified: 22 Jul 2013 13:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7746

    Actions (login required)

    View Item