Implementasi Sistem Akreditasi Terhadap Manajemen Laboratorium Program Pendidikan Teknik Sipil/ Bangunan

Sartono, (2009) Implementasi Sistem Akreditasi Terhadap Manajemen Laboratorium Program Pendidikan Teknik Sipil/ Bangunan. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (298Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jawaban dari masalah : (1) Hal –hal apa saja yang dinilai dalam sistem akreditasi laboratorium Pendidikan Teknik Sipil/ Bangunan FKIP UNS (2) Bagaimana langkah – langkah yang dilakukan laboratorium Pendidikan Teknik Sipil/ Bangunan FKIP UNS dalam sistem akreditasi (3) Apakah hasil yang di peroleh Laboratorium Pendidikan Teknik Sipil/ Bangunan dalam sistem akreditasi Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan program PTS/B sebagai kajian utama. Sampel penelitian Laboratorium Pendidikan Teknik Sipil/ Bangunan. Sumber data diperoleh dari wawancara informan/ narasumber, dokumen dan arsip dari hasil observasi lapangan. Teknik sampling yang digunakan yaitu “Purposive Sampling”, atau lebih tepat disebut sebagai cuplikan “criteria-based selection”. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis antar kasus (cross-site analisys). Pada setiap kasus proses analisisnya akan dilakukan dengan menggunakan model analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan implementasi sistem akreditasi Laboratorium Pendidikan Teknik Sipil/ BangunanFKIP UNS sebagai berikut: (1) Standar dan penilaian dalam sistem akreditasi Laboratorium Pendidikan Teknik Sipil/ Bangunan berdasarkan hasil wawancara, observasi dan data yang ada pada laboratorium hampir semua memenuhisyaratdengan standar dan penilaian yang ditentukan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Tujuh standar dan penilaian dari yang mencakup standar akreditasi laboratorium yang memenuhi syarat yaitu standarkepemimpinan, standar sumberdaya manusia,standar sarana dan prasarana, standar pendanaan, standar tata pamong, standar sistem pengelolaan dan sistem pembelajaran. (2) Ada tiga langkah yang dilakukan laboratorium: Evaluasi standar dan penilaian yang sudah ditentukan BAN-PT yang merupakan penilaian laboratorium. Menyusun portofoliosesusi dengan cara yang dituangkan dalam pedoman penyusunan portofolio. Laboratorium menyerahkan hasil evaluasi yang di tuangkan dalam portofolio dan lampiran ke program PTS/ B (3) Hasil yang diperoleh dari sistem akreditasi laboratorium sudah sesuai dengan nilai akreditasi dengan meningkatnya Akreditasi Program PTS/ B dari Akreditasi C meningkat menjadi menjadi Akreditasi B.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Andika Setiawan
    Date Deposited: 22 Jul 2013 13:35
    Last Modified: 22 Jul 2013 13:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7741

    Actions (login required)

    View Item