PENGARUH CARA BELAJAR SISWA DAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KEARSIPAN PADA SISWA KELAS XII ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK BATIK 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

ANANDITA, ARNES (2011) PENGARUH CARA BELAJAR SISWA DAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KEARSIPAN PADA SISWA KELAS XII ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK BATIK 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1063Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Arnes Anandita. PENGARUH CARA BELAJAR SISWA DAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KEARSIPAN PADA SISWA KELAS XII ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK BATIK 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi; Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Februari 2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan cara belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran kearsipan pada siswa kelas XII Administrasi Perkantoran SMK Batik 2 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011. (2) mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran kearsipan pada siswa kelas XII Administrasi Perkantoran SMK Batik 2 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011; (3) mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan cara belajar siswa dengan keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran kearsipan pada siswa kelas XII Administrasi Perkantoran SMK Batik 2 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII jurusan Administrasi Perkantoran SMK Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proporsional random sampling, sebanyak sebanyak 85 siswa atau 60% dari jumlah populasi. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode angket yang didukung metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear ganda. Dengan hasil persamaan garis linier ganda Ŷ =31,345 + 0,651 X1 + 0,215 X2. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara cara belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran kearsipan pada siswa kelas XII Administrasi Perkantoran SMK Batik 2 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukkan dengan harga thitung > ttabel atau 3,588 > 1,676 dengan taraf signifikansi 5%. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran kearsipan pada siswa kelas XII Administrasi Perkantoran SMK Batik 2 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011. Hal ini dapat ditunjukkan dengan harga thitung > ttabel atau 2,625 > 1,676 pada taraf signifikansi 5%. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara cara belajar siswa dan keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran kearsipan pada siswa kelas XII Administrasi Perkantoran SMK Batik 2 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukkan dengan Fhitung > Ftabel atau 12,488 > 3,191 pada taraf signifikansi 5%. Sumbangan relatif cara belajar siswa (X1) terhadap prestasi belajar mata pelajaran kearsipan (Y) sebesar 62,14% dan sumbangan relatif keterampilan mengajar guru (X2) terhadap prestasi belajar mata pelajaran kearsipan (Y) sebesar 37,86%. Untuk sumbangan efektif cara belajar siswa (X1) terhadap prestasi belajar mata pelajaran kearsipan (Y) sebesar 21,27% dan gaya mengajar guru (X2) terhadap prestasi belajar mata pelajaran kearsipan (Y) sebesar 12,96%. ABSTRACT Arnes Anandita. THE INFLUENCE OF THE STUDENT LEARNING STYLE AND THE TEACHER’S TEACHING SKILL TO THE LEARNING ACHIEVEMENT ON ARCHIVES SUBJECT AT TWELFTH GRADE STUDENTS OF OFFICE ADMINISTRATION IN BATIK 2 SURAKARTA VOCATIONAL HIGH SCHOOL IN ACADEMIC YEAR 2010/2011. Thesis, Surakarta: Faculty of Teacher Training and Education. Sebelas Maret University, February 2011. The purpose of this study is to determine: (1) whether there is a significant influence of learning style toward the student learning achievement on Archiving subject of twelfth grade of Office Administration in Batik 2 Surakarta Vocational High School in academic year 2010/2011. (2) there is a significant influence of teacher's teaching skill toward the academic achievement of Archiving subject of twelfth grade of Office Administration in Batik 2 Surakarta Vocational High School in academic year 2010/2011. (3) there is a significant influence of learning style with teacher' teaching skill toward the academic achievement of Archiving subject of twelfth grade of Office Administration in Batik 2 Surakarta Vocational High School in academic year 2010/2011. This study used quantitative research approach with quantitative descriptive method. The population is twelfth grade students of Office Administration in Batik 2 Surakarta Vocational High School in academic year 2010/2011 . The sampling technique used in this study is proportional random sampling technique of 85 people or 60% from population. Data collection techniques is to use a questionnaire method in supporting documentation method.. Analysis data used in this study I technique of multiple linear regression analysis. With result is a double linear equation Y = 31.345 + 0.651 X1 + 0.215 X2. Based on the results of the study, it can be concluded that: (1) There is a significant influence of learning skill toward the student learning achievement on Archiving subject of twelfth grade of Office Administration in Batik 2 Surakarta Vocational High School in academic year 2010/2011. It is shown by tobs.> ttable or 3.588 > 1.676 with a significance level of 5%. There is a significant influence of teacher's teaching skill toward the academic achievement of Archiving subject of twelfth grade of Office Administration in Batik 2 Surakarta Vocational High School in academic year 2010/2011. It is shown by tobs.> ttable or 2.625> 1.676 at significance level of 5%. (3) There is a significant influence of learning style with teacher' teaching skill toward the academic achievement of Archiving subject of twelfth grade of Office Administration in Batik 2 Surakarta Vocational High School in academic year 2010/2011. It is shown by Fobs. > Ftable or 12.488> 3.191 at significance level of 5%. Relative contribution of learning students (X1) to the academic achievement of Archiving subject (Y) equal to 62.14% and the relative contribution of teacher's teaching skill (X2) to the academic achievement of Archiving subject (Y) equal to 37.86%. For the effective contribution of student learning style (X1) to the academic achievement of Archiving subject (Y) equal to 21.27% and teacher's teaching style (X2) to the academic achievement of Archiving subject (Y) equal to 12.96.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Fairly Okta'mal
    Date Deposited: 22 Jul 2013 07:33
    Last Modified: 22 Jul 2013 07:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7731

    Actions (login required)

    View Item