UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLAVOLI MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA SISWA KELAS X-3 SMA NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011

, YULIANTO (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLAVOLI MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA SISWA KELAS X-3 SMA NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1517Kb)

    Abstract

    Yulianto. UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLAVOLI MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA SISWA KELAS X-3 SMA NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011, Skripsi. Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni. 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing atas bolavoli melalui pendekatan pembelajaran dengan media audio- visual yang meliputi; (1) Peningkatkan kemampuan melakukan passing bolavoli (penilaian produk) pada siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011, (2) Peningkatkan hasil belajar passing atas bolavoli (Penilaian proses) pada siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2010 /2011. Penelitian ini menggunakan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa siklus. Setiap siklus mempunyai 4 langkah yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011 berjumlah 34 siswa, terdiri atas 12 siswa putra dan 22 siswa putri. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes kemampuan, dan penilaian hasil belajar passing atas bolavoli. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara statistik deskriptif kualitatif dengan hasil prosentase. Data Kondisi awal penelitian ; (1) prosentase ketuntasan kemampuan melakukan passing atas bolavoli siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 karanganyar adalah 14.70% atau 5 siswa (penilaian Produk), (2) Prosentase ketuntasan hasil belajar passing atas bolavoli siswa SMA Negeri Karanganyar 17.65% atau 6 siswa (penilaian Proses). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa ”pendekatan pembelajaran dengan media audio-visual dapat meningkatkan hasil belajar passing atas bolavoli pada siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011”, dengan pembahasan permasalahan dalam penelitian sebagai berikut: (1) Pendekatan pembelajaran dengan media audio-visual, sangat baik untuk meningkatkan kemampuan melakukan passing atas bolavoli siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Karanganyar. Dari hasil analisis yang diperoleh terjadi peningkatan dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I kemampuan melakukan passing atas bolavoli siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Karanganyar setelah diberikan tidakan terjadi peningkatan sebesar 41.18%, dengan prosentase ketuntasan 55.88% atau 19 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 27.62%, dengan prosentase ketuntasan 83.50% atau 29 siswa. (2) Pendekatan pembelajaran dengan media audio-visual, sangat baik untuk meningkatkan hasil belajar passing atas bolavoli siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Karanganyar. Dari hasil analisis yang diperoleh terjadi peningkatan dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I hasil belajar passing atas bolavoli siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Karanganyar setelah diberikan tidakan terjadi peningkatan sebesar 35.29%, dengan prosentase ketuntasan 52.94% atau 18 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 30.56%, dengan prosentase ketuntasan 83.50% atau 29 siswa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Users 862 not found.
    Date Deposited: 22 Jul 2013 18:09
    Last Modified: 22 Jul 2013 18:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7730

    Actions (login required)

    View Item