HUBUNGAN PENERAPAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN TERHADAP PERSIAPAN MENGAJAR GURU, KESIAPAN BELAJAR SISWA DAN PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 SURAKARTA

FAHRIZQI, MUHAMMAD (2009) HUBUNGAN PENERAPAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN TERHADAP PERSIAPAN MENGAJAR GURU, KESIAPAN BELAJAR SISWA DAN PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (305Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknyahubungan antara : (1) penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan terhadap persiapan mengajar guru di Sekolah Menengah KejuruanNegeri 2 Surakarta, (2) penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan terhadap kesiapan belajar siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Surakarta, dan (3) penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan terhadap pelaksanaan proses belajar mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasi. Populasi adalah para tenaga pengajar Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Surakartaberjumlah 160guru. Sampel diambil dengan teknik purposive random samplingberjumlah 57 guru. Teknik pengumpulan data seluruh variabel penelitian menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan uji normalitas, uji homogenitas dan korelasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) ada hubungan yangpositif dan signifikan antara variabel Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (X) dengan variabel Persiapan Mengajar Guru (Y, Kondisi 1), karena nilai r (Y, kondisi 1) = (0,5119) > rtabel = (0,264), (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara variabel Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (X) dengan variabel Kesiapan Belajar Siswa (Y, Kondisi 2), karena nilai 2) Kondisi (Y, hitung r = (0,4862) > rtabel = (0,264), dan (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara variabel Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (X) dengan variabel Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar (Y, Kondisi 3), karena nilai 3) Kondisi Y, ( hitung r = (0,3817) > rtabel = (0,264).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Andika Setiawan
    Date Deposited: 22 Jul 2013 05:34
    Last Modified: 22 Jul 2013 05:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7703

    Actions (login required)

    View Item