PERAN CUSTOMER SERVICE DALAM PELAYANAN PROSES TRANSAKSI PRODUK TABUNGAN (STUDI KASUS PADA CUSTOMER SERVICE DI BANK MUAMALAT KCP. PALUR)

Wicaksono, Aji (2010) PERAN CUSTOMER SERVICE DALAM PELAYANAN PROSES TRANSAKSI PRODUK TABUNGAN (STUDI KASUS PADA CUSTOMER SERVICE DI BANK MUAMALAT KCP. PALUR). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (295Kb)

    Abstract

    Persaingan bisnis jasa khususnya perbankan saat ini berubah dengan sangat cepat. Kondisi tersebut dibarengai dengan adanya sistem pasar global dimana tingkat persaingannya semakin terasa baik domestik maupun internasional. Setiap bank bersaing untuk menarik nasabah sebanyak- banyaknya untuk keberlangsungan operasional bank itu sendiri. Oleh karena itu, dunia perbankan mau tidak mau harus meningkatkan profesionalisme, kompetensi dan daya saing agar mampu bertahan pada kondisi apapun. Peranan perbankan dalam era pembangunan ternyata sangat penting untuk ditingkatkan dalam era globalisasi sekarang ini. Perbankan syariah sebagai generasi baru di dunia perbankan nasional mempunyai potensi yang baik dalam membantu pembangunan perekonomian negara. Awal berdirinya perbankan syariah didasari dengan adanya permasalahan mengenai praktek perbankan konvensional yang banyak melanggar syariah. Perbankan syariah lahir di Indonesia sekitar tahun1990 setelah ada Peraturan Pemerintah No. 72 tahun 1992, direvisi dengan UU No. 10 Tahun 1998 dalam bentuk sebuah bank yang beroperasi dengan sistem bagi hasil ditandai dengan berdirinya Bank Muamalat Indonesia. Perkembangan perbankan syariah pada awal tahun 1990-an cukup mengalami kesulitan dalam menjalankan operasionalnya. Namun demikian, perkembangan bank syariah mengalami pertumbuhan yang pesat semenjak era reformasi pada akhir tahun1990-an sampai sekarang ini. Bank Muamalat sebagai pelopor perbankan syariah di Indonesia telah membuktikan perannya dalam usaha pembangunan perekonomian negara. Langkah-langkah yang diambil, antara lain dengan melakukan perluasan jaringan keuangan dan perbankan keseluruh wilayah Indonesia serta diversifikasi sarana pengerahan dana yang antara lain meliputi kemudahan pembukaan kantor bank, pemberian izin pembukaan kantor cabang, lembaga keuangan, dan perluasan penyelengaraan tabungan bagi semua bank melalui diversifikasi sarana pengerahan dana. Salah satunya pembukaan Kantor Cabang Pembantu di Palur. Menurut Undang-undang Perbankan No.10 tahun 1998, Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk lainya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Sarana-sarana penghimpun dana yang ditawarkan Bank Muamalat untuk menghimpun dana dari masyarakat, antara lain Tabungan Shar-E, Tabungan Haji Arafah, TabunganKu dan Tabungan Ummat Bank sebagai lembaga pelayanan jasa keuangan senantiasa menjaga kepercayaan dan menjaga citra positif di mata masyarakat. Oleh sebab itu, Bank Muamalat KCP Palur perlu menyiapkan karyawan yang mampu menangani keinginan, kebutuhan, dan permasalahan dari nasabahnya. Karyawan yang diharapkan mampu menjalankan tugas tersebut adalah Customer Service. Customer Service dituntut untuk selalu berhubungan dengan nasabah dan menjaga hubungan itu tetap baik. Hal ini tentu saja harus dilakukan karena menjaga hubungan yang baik dengan nasbah juga berart menjaga image bank agar citra bank dapat terus meningkat di mata nasabah. Customer Service adalah setiap kegiatan yang diperuntukan atau ditujukan untuk memberikan kepuasan kepada nasabah melalui pelayanan yang dapa memenuhi keinginan dan kebutuhan nasabah (Kasmir, 2004 : 202). Customer Service tentu mempunyai fungsi dan tugas yang harus di laksanakannya. Secara umum, fungsi dan tugasnya, antara lain sebaga Resepsionis, Deskman, Salesman, Customer Relation Officer dan Komunikator. Semua itu harus dilaksanakan secara selaras dan seimbang dem tercapainya pelayanan prima untuk kepuasan nasabah. Peran customer service sangat penting dan vital dalam meningkatkan upaya intensifikasi dana melalui produk tabungan. Customer service juga berperan penting dalam proses pra transaksi, saat transaksi dan pasca transaksi. Oleh karena itu, Customer Service dituntut harus memiliki kemampuan melayani nasabah secara tepat dan cepat serta memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik didukung dengan tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung kecepatan, ketepatan, dan keakuratan pekerjaannya sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik bag kepuasan nasabah. Berdasarkan uraian permasalahan diatas, maka dilakukanlah penelitian dengan judul Peran Customer Service dalam Pelayanan Proses Transaksi Produk Tabungan (Studi Kasus Pada Customer Service di Bank Muamalat KCP. Palur)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Keuangan Perbankan
    Depositing User: BP Mahardika
    Date Deposited: 22 Jul 2013 04:09
    Last Modified: 22 Jul 2013 04:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7673

    Actions (login required)

    View Item