PENGARUH PERCEIVED QUALITY, PERCEIVED VALUE, BRAND PREFERENCE, CONSUMER SATISFACTION, dan CONSUMER LOYALTYpada REPURCHASE INTENTION

Ayu, Yohana Sylvi Putri (2009) PENGARUH PERCEIVED QUALITY, PERCEIVED VALUE, BRAND PREFERENCE, CONSUMER SATISFACTION, dan CONSUMER LOYALTYpada REPURCHASE INTENTION. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (647Kb)

    Abstract

    Keyword perceived quality, perceived value, brand preference, consumer satisfaction, consumer loyalty repurchase intention. Tujuan umum penulisan skrispi ini adalah untuk mengkonstruksi model yang dapat menjelaskan niat pembelian ulang pada produk handphone merek Nokia. Sedangkan secara spesifik, terdapat sepuluh tujuan yang diharapkan, yaitu menjelaskan pengaruh (1) perceived qualitypada consumer satisfaction,(2) perceived quality pada perceived value, (3) perceived qualitypada brand preference, (4) perceived valuepada consumer satisfaction, (5) perceived valuepada brand preference, (6) consumer satisfactionpada consumer loyalty, (7) consumer satisfactionpada brand preference, (8) consumer satisfactionpada repurchase intention, (9) consumer loyaltypada brand preference, dan (10) brand preference pada repurchase intention. Teknik pemgumpulan data dilakukan melalui survei dengan cara mewawancarai responden secara langsung yang dipandu dengan kuesioner yang didesain. Adapun pengujian statistik yang digunakan adalah structural equation model(SEM). SEM digunakan sebagai alat analisis karena (1) dapat mengestimasi hubungan dependen ganda yang saling berkaitan, (2) kemampuannya untuk memunculkan konsep yang tidak teramati dalam hubungan serta dalam menentukan kesalahan pengukuran dalam proses estimasi, dan (3) kemampuannya untuk mengakomodasi seperangkat hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen serta mengungkap variabel laten. Hasil pengujian yang diperoleh mengindikasi hubungan yang positif dan signifikan antar variabel dalam delapan interaksi hubungan, yaitu: (1) perceived quality denganconsumer satisfaction (CR = 2,412), (2) perceived quality dengan perceived value (CR = 2,612), (3) perceived value denganbrand preference (CR= 2,667), (4) consumer satisfaction denganconsumer loyalty (CR = 4,573),(5) consumersatisfaction denganbrand preference(CR = 2,587),(6)consumer satisfaction denganrepurchase intention (CR = 4,894), (7) consumer loyalty dengan brand preference(CR = 2,553), serta (8) brand preference denganrepurchase intention(CR = 5,676). Sedangkan variabel yang tidak signifikan adalah perceived qualitydengan brand preference, serta perceived valuedengan consumer satisfaction. Hubungan yang positif dan signifikan antar variabel mengindikasi terdapat pengaruh yang positif antar variabel. Sedangkanhubungan yang tidak signifikan mengindikasi bahwa tidak terdapat pengaruh antar variabel. Adapun stimulus pemasaran yang dapat dilakukan adalah (1) mengoptimalkan kepuasan pelanggan 14 melalui peningkatan kualitas handphonedan (2) inovasi secara berkesinambungan dalam fitur dan desain handphonesehingga kecenderungan konsumen dalam memilih handphoneNokia dapat meningkat.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Devi Nurlita Sari
    Date Deposited: 22 Jul 2013 04:15
    Last Modified: 22 Jul 2013 04:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7669

    Actions (login required)

    View Item