PROSES PRODUKSI PROGRAM METRO 10 DI STASIUN TELEVISI METRO TV ( Periode 5 April – 5 Juni 2010 )

Saputro, Aji Budi (2010) PROSES PRODUKSI PROGRAM METRO 10 DI STASIUN TELEVISI METRO TV ( Periode 5 April – 5 Juni 2010 ). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (395Kb)

    Abstract

    Media massa pada hakekatnya merupakan alat atau sarana dalam komunikasi massa. Oleh karena perannya sebagai sarana, ia bertugas membawa pesan yang harus disampaikan kepada massa. Media massa memiliki ideologi yang berorientasi kepada massa. Maka pada abad modern ini, media massa telah menjadi lembaga sosial yang paling berpengaruh terhadap berbagai sisi kehidupan masyarakat modern, seperti intelektualitas, jadwal kegiatan, persepsi, orientasi politik, budaya, nilai nilai kemasyarakatan, pola-pola hubungan kemanusiaan, dan pola perilaku yang lain. Media massa banyak jumlahnya, mulai dari yang tradisional sampai yang modern yang dewasa ini banyak dipergunakan. Media ini meliputi kentongan, bedug, pagelaran kesenian, surat, papan pengumuman, telepon, telegram, pamflet, poster, spanduk, surat kabar, majalah, film, radio, dan televisi yang pada umumnya dapat diklasifikasikan sebagai media tulisan atau cetakan, visual, audio, dan audio-visual. Pada perkembangannya, televisi menjadi media yang paling efektif dan pengaruhnya semakin bertambah besar dewasa ini. Efektifitas televisi disebabkan oleh sifat audio-visual yang dimilikinya. Dengan suguhan audio-visual kita dapat lebih mudah menangkap informasi yang disampaikan tanpa perlu banyak bepikir. Bahkan menurut Dr. Jack Lyle, Direktur Institut Komunikasi East West dari East West Centre, Honolulu, Hawai, televisi bertindak sebagai agent of displacement. Ia menjelaskan bahwa di Amerika Serikat, televisi menggantikan kebiasaan menonton bioskop. Di Indonesia, tentu yang digantikan adalah radio dan surat kabar. Pada tahun 1978, UnHas mengadakan penelitian mengenai arus informasi ke wilayah pedesaan di Sulawesi Selatan. Hasil penelitian di antaranya mengatakan bahwa pengetahuan tentang kejadian-kejadian di luar negeri dan di kalangan pemerintahan hampir seluruhnya diperoleh pertama kali dari televisi (97%). Dimana terdapat televisi, maka disitu perhatian terhadap radio dan surat kabar boleh dikatakan “terkubur sama sekali”. Berbagai macam produk jurnalistik televisi disuguhkan kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka akan informasi. Diantaranya terdapat News (program berita). News merupakan hasil dari proses jurnalistik yang meliputi pencarian, pengolahan, analisis, dan penulisan berita, kemudian menyampaikannya kepada publik melalui sarana media massa. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa News merupakan esensi dari media massa, karena di dalamnya mencakup semua fungsi media massa terutama fungsi menyiarkan informasi (to inform), selain itu juga fungsi mendidik (to educate), fungsi menghibur (to entertain), dan fungsi mempengaruhi (to persuade). Maka dari itu, setiap stasiun televisi memiliki acara khusus berita, baik itu televisi pemerintah, swasta, maupun lokal. Sebagai contoh, di SCTV terdapat program Liputan 6, Trans TV memiliki program Reportase, RCTI dengan Seputar Indonesia, dan sebagainya. Metro TV merupakan stasiun televisi yang menyajikan format berbeda dengan stasiun lainnya. Metro TV memilih menjadi stasiun televisi berita pada awal kemunculannya. Sampai sekarang, Metro TV tetap konsisten sebagai pioneer televisi berita di Indonesia. Maka terlihat sekali profesionalitas awak medianya dalam pemenuhan kriteria penyajian berita seperti Accuracy (Tepat), Brevity (Singkat), Clarity (Jelas), Simplicity (Sederhana), dan Sincerity (Jujur). Penyajian berita yang baik tentu harus didukung proses pembuatan berita yang baik. Maka dari itu penulis melakukan kegiatan magang di stasiun televisi Metro TV untuk mempelajari proses pembuatan hingga penyajian berita dengan baik sekaligus menerapkan ilmu yang diperoleh sewaktu kuliah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Users 828 not found.
    Date Deposited: 22 Jul 2013 04:00
    Last Modified: 22 Jul 2013 04:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7667

    Actions (login required)

    View Item