ANALISIS IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI DI KEJAKSAAN NEGERI KLATEN TAHUN 2010

Prastia Tutik, Dias (2011) ANALISIS IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI DI KEJAKSAAN NEGERI KLATEN TAHUN 2010. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (668Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dias Prastia Tutik, ANALISIS IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI DI KEJAKSAAN NEGERI KLATEN TAHUN 2010. Skripsi, Surakarta, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Desember 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana Iklim Komunikasi Organisasi di Kejaksaan Negeri Klaten di tinjau dari dimensi: a) Kepercayaan, b) Pengambilan keputusan, c) Kejujuran, d) Keterbukaan dalam komunikasi ke bawah, e) Mendengarkan dalam komunikasi ke atas, f) Perhatian pada kinerja tinggi. (2) Bagaimana upaya Kejaksaan Negeri Klaten dalam mengelola iklim komunikasi organisasi. Sesuai dengan tujuan tersebut, maka penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif, strategi penelitian yang digunakan startegi tunggal terpancang. Teknik cuplikan dengan menggunakan teknik purposive snowball sampling. Sumber datanya adalah wawancara, observasi dan analisis dokumen. Untuk keabsahan data teknik yang digunakan adalah trianggulasi data atau sumber dan trianggulasi metode. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif mengalir. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Iklim Komunikasi Organisasi di Kejaksaan Negeri Klaten di tinjau dari dimensi: a) Kepercayaan, iklim komunikasi organisasi ditinjau dari kepercayaan yang ada di Kejaksaan Negeri Klaten dilakukan oleh atasan kepada bawahan, bawahan kepada atasan dan bawahan dengan bawahan dalam menjalankan komunikasi organisasi di Kejaksaan Negeri Klaten. b) Pengambilan keputusan, yang dilakukan Kejaksaan Negeri Klaten dilakukan oleh pimpinan dengan bawahan secara terbuka dan terus terangan dalam suatu rapat bulanan yang ada di Kejaksaan Negeri Klaten. c) Kejujuran, kejujuran yang ada di Kejaksaan merupakan kunci utama dalam menjalankan sesuatu yang berasal dari pimpinan dan bawahan dalam menjalankan tugasnya. d) Keterbukaan dalam komunikasi ke bawah, komunikasi ke bawah dapat berupa instruksi kerja (perintah) maupun pujian atau teguran kepada bawahan Kejaksaan Negeri Klaten pimpinan dalam memberikan teguran intruksi atau perintah terhadap bawahannya, harus adanya keterbukaan e) Mendengarkan dalam komunikasi ke atas, pimpinan dalam menerima saran, kritik ide dari karyawan di dengarkan secara seksama demi kemajuan Kejaksaan Negaeri Klaten. f) Perhatian pada kinerja tinggi, kinerja Kejaksaan Negeri Klaten salah satunya adalah dapat tercapai secara efisien, efektif, yang berasal dari karyawan Kejaksaan Negeri Klaten. (2) Upaya Kejaksaan dalam mengelola iklim komunikasi organisasi, sebagai berikut: a) Kepercayaan, b) Pengambilan keputusan, c) Kejujuran, d) Keterbukaan dalam komunikasi ke bawah, e) Mendengarkan dalam komunikasi ke atas, f) Perhatian pada kinerja tinggi. ABSTRAC Dias Prastia Tutik, ANALYSIS CLIMATE of KOMMUNICATIONS ORGANIZATIONAL IN PUBLIC ATTORNEY OF COUNTRY of KLATEN YEAR 2010. Skripsi, Surakarta, Faculty Teachership and Science Education, University Eleven March, December 2010. This research aim to know : (1) How Organizational Communications climate [in] Public attorney of Country of Klaten in evaluation of dimension : a) Trust, b) Decision Making, c) Sincerity, d) Openness in communications downwards, e) Listen in communications to to the, f) Attention at high performance (2) How Public attorney effort in managing organizational communications climate . In line with, hence this researcher use research form qualitative, with method of deskripsi, research strategy which in using single strategy is stake. technique of Cuplikan by using technique of purposive sampling snowball. Source of its data is interview, document analysis and observation. For the authenticity of data of technique which in using data is trianggulasi or source and of trianggulasi method. While technique analyse data which in using is analysis of interaktif emit a stream of. Pursuant to result of research that : (1) Organizational Climate Communications in Public attorney of Country of Klaten in evaluation from in the a) Trust, organizational communications is evaluated from trust exist in Public attorney of Country of Klaten in doing/conducting by superior to subordinate, subordinate to subordinate and superior with subordinate in running organizational communications in Public attorney of Country of Klaten. b) Decision making, which in doing/conducting Public attorney of Country of Klaten is done/conducted by head with subordinate openly and to continuing bold a monthly meeting exist in Public attorney of Country of Klaten. c) Sincerity, Sincerity exist in Public attorney represent main key in running something that come from subordinate and head running its duty. d) openness in communications downwards, communications downwards can be in the form of instruction work (comand) or exhortation to subordinate Public attorney of Country of Klaten in giving instruction duty or comand to its subordinate, there must be its of openness. e) Listen in communications to of, head in accepting suggestion, idea criticism of employees need in listening by seksama for the shake of progress of Public attorney of Country of Klaten. f) Attention at high performance, performance Public attorney of Country of Klaten one of them is can reach efficiently is, effective, coming from employees Public Attorney Of Country of Klaten. Effort Public attorney in managing organizational communications climate, a) Trust, b) Decision Making, c) Sincerity, d) Openness in communications downwards, e) Listen in communications to the, f) Attention at high performance.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Fairly Okta'mal
    Date Deposited: 21 Jul 2013 23:18
    Last Modified: 21 Jul 2013 23:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7604

    Actions (login required)

    View Item