STUDI KOMPARASI ANTARA METODE INKUIRI TERBIMBING DAN PEMBERIAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SEMESTER II PADA MATERI POKOK HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DI SMA NEGERI I NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2005/2006

KHOFSHOH, SITI (2009) STUDI KOMPARASI ANTARA METODE INKUIRI TERBIMBING DAN PEMBERIAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SEMESTER II PADA MATERI POKOK HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DI SMA NEGERI I NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2005/2006. Other thesis, Universitas Negeri Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (3600Kb)

    Abstract

    Siti Khofshoh. STUDI KOMPARASI ANTARA METODE INKUIRI TERBIMBING DAN PEMBERIAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SEMESTER II PADA MATERI POKOK HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DI SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2005/2006. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret, Agustus 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa metode Pemberian Tugas menghasilkan prestasi yang lebih tinggi dibandingkan metode Inkuiri Terbimbing pada materi pokok Hukum – Hukum Dasar Kimia. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian perluasan Randomized Control Group Pretest – Posttest Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2005 / 2006. Sampel terdiri dari 3 kelas yang diambil secara Random Sampling. Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode test bentuk objektif, angket kecakapan hidup dan penilaian kinerja siswa. Adapun analisis data yang digunakan adalah uji –t pihak kanan dengan taraf signifikan 5 %. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa metode Pemberian Tugas menghasilkan prestasi yang lebih tinggi dibandingkan metode Inkuiri Terbimbing pada materi pokok Hukum – Hukum Dasar Kimia. Hal ini ditunjukkan oleh selisih nilai kognitif rata – rata, nilai afektif rata – rata dan nilai psikomotor rata – rata berturut – turut adalah 29,32 dan 25,42; 65,31 dan 62,56; 77,18 dan 74,90

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Chrisstar Dini S
    Date Deposited: 21 Jul 2013 23:12
    Last Modified: 21 Jul 2013 23:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7602

    Actions (login required)

    View Item