PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN LABORATORIUM VIRTUIL DAN RIIL MELALUI METODE EKSPERIMEN DENGAN MEMPERHATIKAN EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT ( ESQ ) DAN KEMAMPUAN AWAL SISWA (Studi Kasus pada Madrasah Aliyah PPMI Assalaam Sukoharjo kelas XI Tahun Ajaran 2009-2010 )

H , M ROKHIMULLOH (2010) PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN LABORATORIUM VIRTUIL DAN RIIL MELALUI METODE EKSPERIMEN DENGAN MEMPERHATIKAN EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT ( ESQ ) DAN KEMAMPUAN AWAL SISWA (Studi Kasus pada Madrasah Aliyah PPMI Assalaam Sukoharjo kelas XI Tahun Ajaran 2009-2010 ). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (74Kb)

    Abstract

    M . Rokhimulloh. H S830908023.2010. Pembelajaran Kimia menggunakan Laboratorium virtuil dan Laboratorium riil melalui metode Eksperimen dengan memperhatikan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) dan kemampuan awal siswa (Studi Kasus Laju reaksi pada Madrasah Aliyah PPMI Assalaam Sukoharjo kelas XI Tahun Ajaran 2009-2010 ) Tesis, Surakarta : Program Studi Pendidikan Sains Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret, Pembimbing I : Prof. Dr. H.Ashadi dan Pembimbing II : Drs. Haryono, M.Pd. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh penggunaan metode laboratorium virtuil dan laboratorium riil terhadap prestasi belajar siswa .(2) pengaruh ESQ terhadap prestasi belajar siswa .(3) pengaruh kemampuan awal terhadap prestasi belajar siswa.(4) interaksi pembelajaran kimia dengan metode laboratorium virtuil dan laboratorium riil, dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar kimia.(5) interaksi pembelajaran kimia dengan metode laboratorium virtuil dan laboratorium riil, dan ESQ terhadap prestasi belajar kimia.(6) interaksi kemampuan awal dan ESQ terhadap prestasi belajar kimia.(7) interaksi antara metode laboratorium virtuil dan laboratorium riil, ESQ, dan kemampuan awal pada pembelajaran kimia Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai Desember 2009 menggunakan metode eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI MA PPMI Assalaam Sukoharjo tahun pelajaran 2009/2010. Sampel penelitian ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling terdiri dari dua kelas. Kelas eksperimen 1 menggunakan media laboratorium virtuil sebanyak 30 siswa dan kelas eksperimen 2 menggunakan media laboratorium riil.sebanyak 26 siswa. Data dikumpulkan dengan metode tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Uji hipotesis penelitian menggunakan anava tiga jalan sel tak sama dengan bantuan software minitab 15 Berdasarkan hasil pengolahan data disimpulkan: (1) Ada pengaruh penggunaan laboratorium virtul dan laboratorium riil terhadap prestasi belajar pada materi laju reaksi , penggunaan laboratorium virtuil lebih efektif dari laboratorium riil.(2) Ada pengaruh kemampuan awal terhadap prestasi belajar, kemampuan awal tinggi lebih efektif dari kemampuan awal rendah.(3) Tidak ada pengaruh ESQ terhadap prestasi belajar.(4) Tidak ada interaksi pembelajaran kimia menggunakan laboratorium virtuil dan laboratorium riil, dan kemampuan awal terhadap prestasi belajar.(5) Tidak ada interaksi pembelajaran kimia menggunakan laboratorium virtuil dan laboratorium riil, dan ESQ terhadap prestasi belajar.(6) Tidak ada interaksi kemampuan awal dan ESQ terhadap prestasi belajar 7) Tidak ada interaksi pembelajaran kimia menggunakan laboratorium virtuil dan laboratorium riil, ESQ dan kemampuan awal terhadap prestasi belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Budianto Erwin
    Date Deposited: 21 Jul 2013 20:02
    Last Modified: 21 Jul 2013 20:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7552

    Actions (login required)

    View Item