ANALISIS PEMBEBANAN JARINGAN JALAN DENGAN MEMASUKKAN ANGKUTAN UMUM MENGGUNAKAN APLIKASI SOFTWARE EMME/3 (Studi Kasus Kota Surakarta) A Traffic Assignment Analysis To Include Public Transport Using EMME/3 Software Application (A Case Study Of Surakarta City)

WILLIAM, BETTY ONE (2010) ANALISIS PEMBEBANAN JARINGAN JALAN DENGAN MEMASUKKAN ANGKUTAN UMUM MENGGUNAKAN APLIKASI SOFTWARE EMME/3 (Studi Kasus Kota Surakarta) A Traffic Assignment Analysis To Include Public Transport Using EMME/3 Software Application (A Case Study Of Surakarta City). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (216Kb)

    Abstract

    Betty One William. 2010. Analisis Pembebanan Jaringan Jalan dengan Memasukkan Angkutan Umum Menggunakan Aplikasi Software EMME/3. Skripsi. Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Angkutan umum merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari sistem perkotaan. Pola pergerakan dapat diketahui bila suatu Matriks Asal Tujuan (MAT) dibebankan ke suatu jaringan jalan sehingga didapatkan arus yang dapat digunakan untuk menilai kinerja jaringan jalan. Oleh karena itu, arus pembebanan lalu lintas angkutan yang dihasilkan MAT akan perlu diketahui dalam kaitanya dengan proporsi arus angkutan umum di jaringan jalan. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pembebanan jaringan jalan dengan memasukkan angkutan umum di kota Surakarta. Selain itu agar diketahui tingkat validasi dari arus lalu lintas hasil pemodelan dengan arus lalu lintas hasil pengamatan di lapangan. Jaringan jalan yang dianalisis adalah trayek angkutan umum. Nilai volume lalu lintas diperoleh dengan metode pembebanan Wardrop Equilibrium dengan bantuan aplikasi software EMME/3. Uji statistik menggunakan koefisien Determinasi (R²). Dari hasil perhitungan dengan bantuan program EMME-3, diperoleh total jumlah pergerakan kota Surakarta tahun 2009 sebesar 32146,12 smp/jam. Pembebanan ruas terbesar yang mencakup daerah pelayanan zona internal (Purwosari) adalah ruas Jl. Slamet Riyadi (8-9), arus lalu lintas hasil pembebanan adalah 1172 smp/jam (8-9) dan 1020 smp/jam (9-8). Proporsi arus angkutan umum sebesar 6%. Untuk daerah pelayanan zona eksternal (Palur) dengan ruas jalan utama arus Jl. Ir. Sutami (92-241), arus lalu lintas hasil pembebanan adalah 1310 smp/jam (92-241) dan 1348 smp/jam (241-92). Proporsi arus angkutan umum sebesar 15%. Tingkat validasi (R2 ) yang didapatkan adalah sebesar 0.7875. Kata kunci : MAT, pembebanan, arus lalu lintas, angkutan umum, EMME-3

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Budianto Erwin
    Date Deposited: 21 Jul 2013 19:52
    Last Modified: 21 Jul 2013 19:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7551

    Actions (login required)

    View Item