ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP DIMENSI EKUITAS MEREK PADA PT. ASURANSI SINARMAS SOLO

AKBAR, YULDHIANTO DWI (2011) ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP DIMENSI EKUITAS MEREK PADA PT. ASURANSI SINARMAS SOLO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (588Kb)

    Abstract

    Tugas akhir ini berjudul “ Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Dimensi Ekuitas Merek Pada PT. Asuransi Sinarmas Solo”. Dalam penelitian yang dilakukan penulis, diperoleh suatu rumusan masalah yaitu bagaimana persepsi konsumen dilihat dari dimensi ekuitas merek pada Asuransi Sinarmas Solo, sehingga muncul tujuan penulisan tugas akhir adalah untuk mengetahui persepsi konsumen dilihat dari dimensi ekuitas merek pada Asuransi Sinarmas Solo. Metode yang digunakan untuk menentukan sampling yaitu dengan metode judgment sampling. Teknik analisis pembahasan yaitu deskriptif dengan mengumpulkan, mengolah, menganalisis data dan kemudian disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk dimensi kesadaran merek: mayoritas konsumen mengetahui merek asuransi sinarmas, dan merek asuransi sinarmas menjadi top of mind di benak konsumen, mayoritas konsumen mengenal dengan baik asuransi sinarmas, dan mayoritas konsumen mengetahui merek asuransi sinarmas dari teman melalui komunikasi langsung atau word of mouth. Dimensi asosiasi merek: mayoritas konsumen setuju dengan proses pengajuan klaim yang mudah, mayoritas konsumen setuju pada saat klaim memberikan pelayanan terbaik, dan mayoritas konsumen setuju dengan proses penyelesaian klaim yang cepat. Dimensi persepsi kualitas: mayoritas konsumen setuju dengan asuransi sinarmas menawarkan produk- produk yang bervariatif, inovatif, dan berkualitas, mayoritas konsumen setuju dengan kemudahan mendapatkan produk-produk asuransi sinarmas, mayoritas konsumen setuju dengan penampilan dan suasana kantor yang nyaman, dan konsumen bersikap netral terhadap penentuan tarif premi yang mahal. Dimensi loyalitas merek: mayoritas konsumen setuju ketika memilih merek asuransi sinarmas sangat memperhatikan harga, mayoritas konsumen setuju dengan mengkonsumsi produk sinarmas karena kebiasaan, mayoritas konsumen setuju ketika mengkonsumsi produk-produk sinarmas mengalami kepuasan, mayoritas konsumen menyukai produk-produk yang ditawarkan asuransi sinarmas, dan mayoritas konsumen bersedia untuk mempromosikan kepada orang lain mengenai produk-produk sinarmas. Dari pembahasan diatas maka dapat dikemukakan beberapa saran yang sekiranya dapat bermanfaat bagi perusahaan, yaitu ; dengan memiliki kesadaran merek yang tinggi sebaiknya perusahaan membuat perluasan atau membuat merek baru untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang belum terpenuhi, mempertahankan aktivitas pelayanan kepada konsumen, agar konsumen menyukai produk-produk sinarmas dan mau untuk mempromosikan produk kepada orang lain, dan mempertahankan tarif premi yang sudah ditetapkan karena hal ini berhubungan dengan aktivitas pelayanan klaim pada asuransi sinarmas.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Users 865 not found.
    Date Deposited: 21 Jul 2013 17:26
    Last Modified: 21 Jul 2013 17:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7512

    Actions (login required)

    View Item