Studi keberhasilan belajar larutan asam dan basa ditinjau dari kemampuan awal dan kemampuan konseptual siswa kelas 2 semester II smu negeri 4 Surakarta tahun pelajaran 2002/2003

Cahyanti, Afri Nur (2013) Studi keberhasilan belajar larutan asam dan basa ditinjau dari kemampuan awal dan kemampuan konseptual siswa kelas 2 semester II smu negeri 4 Surakarta tahun pelajaran 2002/2003. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF
Download (677Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan kausal antara : (1) kemampuan awal dengan keberhasilan belajar larutan asam dan basa, (2) kemampuan konseptual dengan keberhasilan belajar larutan asam dan basa, (3) kemampuan awal dengan kemampuan konseptual larutan asam dan basa. Sejalan dengan tujuan penelitian tersebut, maka penelitian ini menggunakan metode kausal korelasional, yaitu mengkaji hubungan kausal antara kemampuan awal, kemampuan konseptual dan keberhasilan belajar larutan asam dan basa. Populasi penelitian adalah siswa kelas 2 SMUN 4 Surakarta tahun pelajaran 2002/2003. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling dengan undian kelas dan dari populasi berjumlah 9 kelas diperoleh sampel kelas yang terdiri 37 orang. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan kausal antara 1) kemampuan awal dengan keberhasilan belajar dengan koefisien jalur P31 = 0,245 2) kemampuan konseptual dengan keberhasilan belajar dengan koefisien jalur P32 = 0,368 3) kemampuan awal dengan kemampuan konseptual dengan koefisien jalur P21 = 0,373

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Users 835 not found.
    Date Deposited: 21 Jul 2013 15:38
    Last Modified: 21 Jul 2013 15:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7493

    Actions (login required)

    View Item