AKTIFITAS HUMAS PT. PLN (Persero) AREA PELAYANAN DAN JARINGAN SURAKARTA DALAM USAHANYA MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN

PRAKOSO, BAGUS ALAN (2011) AKTIFITAS HUMAS PT. PLN (Persero) AREA PELAYANAN DAN JARINGAN SURAKARTA DALAM USAHANYA MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (410Kb)

    Abstract

    Upaya dalam peningkatan kinerja perusahaan kian menjadi pusat perhatian setiap perusahaan - perusahaan dengan harapan kinerja yang diberikan karyawan untuk perusahaan supaya lebih baik. Maka karyawan tersebut harus melaksanakan semua tugas atau perintah dan pekerjaan yang diberikan oleh perusahaan dengan sebaik – baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab agar kinerja perusahaan lebih baik. Untuk meningkatkan kinerja perusahaan maka perlu memperhatikan pembinaan SDM secara rutin baik bersifat dinas maupun kerohanian, mengadakan in house training, mengirimkan kebalai latihan kerja untuk menjadi instruktur atau narasumber. Suatu perusahaan harus dapat berusaha bagaimana cara meningkatkan kinerja secara maksimal sesuai dengan keinginan karyawan dalam suatu perusahaan agar dalam perusahaan bisa berkembang pada cara kinerjanya, apabila itu terjadi maka karyawan akan menjadi karyawan yang loyal dan merasa puas pada kinerja perusahaan. Media massa merupakan sarana yang digunakan untuk menginformasikan suatu berita kepada seluruh masyarakat. Informasi ataupun berita yang disajikan bermacam – macam dan meliputi beberapa diantaranya : hukum, politik, peperangan, ekonomi, perdagangan, olah raga, industry, perbankan, pertanian, kejahatan, lingkungan hidup, sosial, budaya, dan lain sebagainya. Media juga merupakan salah satu cara aktifitas humas dalam usahanya meningkatkan kinerja dalam perusahaan. Seorang Humas di suatu perusahaan dalam melakukan evaluasi dapat beragam. Namun biasanya dilakukan dengan cara meningkatkan kinerja karyawan dalam perusahaan. Dari proses usaha meningkatkan kinerja perusahaan seorang Humas dapat mengetahui cara kerja dalam perusahaan. Maka seorang Public Relations (Humas) membutuhkan suatu kepekaan dan kemampuan untuk menganalisa kinerja dalam perusahaan. Keberhasilan kinerja perusahaan diukur dari rublikasi yang optimal yaitu target sasaran khalayak yang diinginkan dan dukungan khalayak yang baik terhadap aktivitas, pendapat, kebijakan, dan peraturan organisasi yang berkaitan dengan kepentingan publik. Humas dituntut tidak hanya mampu menganalisa pemberitaan – pemberitaan yang bersifat positif maupun negatife, tetapi juga harus dapat menyampaikan dan mendiskusikannya dengan bagian manajemen atau bagian yang terkait lainnya. Dan melalui kinerja seorang Humas harus dapat menjadi yang pertama mengetahui apa yang sedang terjadi terhadap perusahaan. Oleh karena itu kepekaan sangat dibutuhkan oleh seorang Humas bukan hanya untung menanggapi suatu permasalahan namun juga kepekaan dalam mengetahui perkembangan kinerja perusahaan. Dalam hal itu dibutuhkan suatu devinisi khusus yang dapat mengevaluasi dan meningkatkan kinerja dalam perusahaan. Dalam hal ini aktifitas atau kegiatan Humas mempunyai porsi dan aktifitas yang sangat menentukan. Sebab aktifitas Humas secara umum erat kaitannya dengan menjalin dan menjaga hubungan dengan perusahaan, public, dan masyarakat luas, baik secara internal maupun eksternal. Karena dalam Humas unsur – unsur penting berkaitan dengan pembentukan image positif yaitu good image, good will, mutual understanding, dan mutual appreciation. Aktifitas usaha dalam meningkatkan kinerja perusahaan dalam menjalankan usahanya, salah satu perusahaan yang ingin meberikan peningkatan kinerja pada perusahaan adalah PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Surakarta, yang merupakan salah satu bagian dari PT. PLN (Persero) yang berperan penting menyediakan energy listrik untuk area jaringan wilayah Surakarta dan sekitarnya. Perusahaan ini bukan sekedar menjual jasa saja tetapi juga berusaha meningkatkan kinerja dalam perusahaan. Meskipun PLN mempunyai pesaing seperti perusahaan – perusahaan yang lainnya tetapi PLN berusaha meningkatkan kinerja pada perusahaan.. Sehingga dimata public PLN merupakan perusahaan persero dengan predikat yang baik. Sehingga aktifitas humas dalam usaha meningkatkan kinerja perusahaan berpengaruh penting terhadap kinerja operasional suatu perusahaan di dalam masyarakat luas.Seorang Humas dengan adanya kinerja dalam perusahaan diharapkan mampu berperan dalam membangun perusahaan dan menciptakan citra yang baik dalam perusahaan kepada masyarakat dan menjadikan pemberitaan itu sebagai suatu kebutuhan yang penting bagi perusahaan. Dengan uraian tersebut penulis bermaksud melakukan kajian dengan judul ”AKTIFITAS HUMAS PT. PLN (Persero) AREA PELAYANAN DAN JARINGAN SURAKARTA DALAM USAHANYA MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN“

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Users 865 not found.
    Date Deposited: 21 Jul 2013 14:25
    Last Modified: 21 Jul 2013 14:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7489

    Actions (login required)

    View Item