PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS ILMIAH DENGAN STRATEGI PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) PADA SISWA KELAS XI IA SMA MUHAMMADIYAH 3 MASARAN SRAGEN

ROCHANI, SITI (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS ILMIAH DENGAN STRATEGI PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) PADA SISWA KELAS XI IA SMA MUHAMMADIYAH 3 MASARAN SRAGEN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (3877Kb)

    Abstract

    Siti Rochani. K1207032. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS ILMIAH DENGAN STRATEGI PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) PADA SISWA KELAS XI IA SMA MUHAMMADIYAH 3 MASARAN SRAGEN. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis ilmiah siswa kelas XI IA SMA Muhammadiyah 3 Masaran Sragen dengan strategi peta pikiran (mind mapping); 2) meningkatkan kemampuan menulis ilmiah siswa kelas XI IA SMA Muhammadiyah 3 Masaran Sragen dengan strategi peta pikiran (mind mapping). Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yaitu penelitian kolaboratif antara peneliti, guru, dan siswa untuk mengatasi permasalahan yang ada dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Teknik validitas data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Teknik trianggulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah trianggulasi sumber data dan trianggulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif dan teknik analisis deskripsi komparatif (statistik deskriptif komparatif). Proses penelitian dilaksanakan dalan tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta analisis dan refleksi. Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan mulai dari survei awal, kemudian dilanjutkan dalam dua siklus oleh guru kelas sebagai fasilitator pembelajaran serta peneliti sebagai partisipan pasif. Tahap perencanaan tindakan meliputi membuat skenario pembelajaran, mempersiapkan sarana pembelajaran, mempersiapkan instrumen penilaian, dan mengajukan solusi alternatif berupa penerapan strategi peta pikiran untuk pembelajaran menulis ilmiah. Pada tahap pelaksanaan peneliti mengadakan pengamatan mengenai tindakan yang dilakukan, selain itu, pengamatan dilakukan untuk mengumpulkan data yang nantinya diolah untuk menentukan tindakan yang akan dilakukan selanjutnya. Tahap observasi dilakukan untuk mengamati dan menginterpretasikan penggunaan strategi peta pikiran untuk pembelajaran menulis ilmiah, juga untuk mengetahui adanya peningkatan proses dan kemampuan menulis ilmiah. Tahap analisis dan refleksi dilakukan untuk mengolah data hasil observasi dan mencari kekurangan dalam pembelajaran untuk kemudian diperbaiki pada siklus selanjutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis ilmiah dengan strategi peta pikiran pada siswa kelas kelas XI IA SMA Muhammadiyah 3 Masaran Sragen ditandai dengan: a) meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Pada siklus I mencapai 40% (12 siswa), kemudian menjadi 62% ( 18 siswa) , dan menjadi 76% (23 ssiwa) pada siklus III. b) Meningkatkan keaktifan siswa dalam membuat peta pikiran dari kerangka karya tulis ilmiah siswa. Pada siklus I siswa yang aktif membuat peta pikiran dalam pembelajaran menulis ilmiah mencapai 77% (23 siswa), meningkat menjadi 86% 25 (siswa) pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 90% ( 27siswa) pada siklus III. c) Kerjasama siswa dalam menulis ilmiah telah menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Pada siklus I, 14 siswa (47%) telah mampu bekerjasama. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 20 siswa (69%) dan pada siklus III sudah 24 siswa (80%) yang mampu bekerja sama. 2) Terdapat peningkatan kemampuan menulis ilmiah dengan strategi peta pikiran pada siswa kelas XI IA SMA Muhammadiyah 3 Masaran Sragen, pada siklus I ada 14 siswa yang tuntas (47%) dan pada siklus II meningkat menjadi 23 siswa yang tuntas (77%). Peningkatan yang cukup siginifikan juga terjadi pada siklus III yaitu 27 siswa tuntas (90%).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
    Depositing User: Nur Anisah
    Date Deposited: 21 Jul 2013 14:18
    Last Modified: 21 Jul 2013 14:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7487

    Actions (login required)

    View Item