PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Jambeyan Karanganom, Klaten Tahun Ajaran 2010/2011)

MUSTOFA, BUDI (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Jambeyan Karanganom, Klaten Tahun Ajaran 2010/2011). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (892Kb)

    Abstract

    Budi Mustofa : PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Jambeyan Karanganom, Klaten Tahun Ajaran 2010/2011). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SD Negeri 1 Jambeyan Karanganom Klaten Tahun Ajaran 2010/2011 dalam menyelesaikan soal cerita matematika dengan pembelajaran kooperatif. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model siklus. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi Penelitian Tindakan Kelas dengan langkah-langkah menyusun perencanaan mengadakan tindakan, melakukan pengamatan atau observasi, melaksanakan analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan tiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan dengan rata-rata hasil tes 63,30 dengan prosentase ketuntasan 66,66% dengan KKM 60 dilaksanakan pada bulan Pebruari 2011. Pada siklus kedua dilaksanakan pada bulan Maret 2011 setelah tes akhir yang diikuti oleh 6 siswa diperoleh nilai rata-rata kelas 65,00 dan prosentase ketuntasan 83,33% dari 6 siswa hanya 1 siswa yang belum memperoleh nilai sesuai dengan KKM yaitu 60, sedangkan 5 siswa telah mencapai nilai KKM (di atas KKM). Data hasil penelitian diketahui bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita matematika. Dari keseluruhan putaran siklus dapat disimpulkan bahwa peneliti mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika, serta meningkatkan motivasi belajar dengan memberikan penguatan dan memberi kesempatan siswa lebih berpartisipasi dalam pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Nur Anisah
    Date Deposited: 21 Jul 2013 14:11
    Last Modified: 21 Jul 2013 14:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7486

    Actions (login required)

    View Item