UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASS BAWAH BOLA VOLI MELALUI PERMAINAN DUA BOLA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BAWANG KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

Purwati, Novi (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASS BAWAH BOLA VOLI MELALUI PERMAINAN DUA BOLA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BAWANG KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (507Kb)

    Abstract

    Novi Purwati. UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASS BAWAH BOLA VOLI MELALUI PERMAINAN DUA BOLA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BAWANG KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2011. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran bola voli melalui permainan dua bola dalam meningkatkan hasil belajar pass bawah pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Bawang, Kecamatan, Bawang, Kabupaten Banjarnegara, Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Bawang, Kecamatan, Bawang, Kabupaten Banjarnegara, Tahun Pelajaran 2010/2011, yang berjumlah 37 siswa terdiri dari 20 siswa putra dan 17 siswa putri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes unjuk kerja pass bawah siswa, angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif komparatif yaitu membandingkan data kuantitatif dari kondisi studi awal, siklus I, dan siklus II dengan prosentase. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa : melalui permainan dua bola dalam pembelajaran bola voli dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Bawang, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara, Tahun Pelajaran 2010/2011. Hal ini terlihat dari hasil tes unjuk kerja dari studi awal dari 37 siswa yang awalnya siswa mendapatkan ketuntasan 13 siswa 64,8 % dan yang belum tuntas 24 siswa 35,2 % meningkat pada siklus I menjadi 17 siswa 46 % tuntas dan 20 siswa 54 % belum tuntas setelah melalui bentuk permainan dua bola maka pada siklus II mengalami kenaikan yang signifikan menjadi 34 siswa 91,8 % tuntas dan 3 siswa 8,2 % belum tuntas

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Users 865 not found.
    Date Deposited: 21 Jul 2013 13:25
    Last Modified: 21 Jul 2013 13:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7480

    Actions (login required)

    View Item