UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK DENGAN METODE PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) (PTK pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 4 Sukoharjo)

Sulistiyana, Wahyu (2011) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK DENGAN METODE PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) (PTK pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 4 Sukoharjo). PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2953Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Wahyu Sulistiyana. S840809224. 2010. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek dengan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) (PTK pada Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 4 Sukoharjo). Tesis. Surakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan peningkatan kualitas pembelajaran menulis cerpen siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Sukoharjo dengan menerapkan metode peta pikiran (mind mapping); (2) mengetahui peningkatan keterampilan menulis cerpen dengan penerapan metode peta pikiran (mind mapping) pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yaitu penelitian kolaboratif antara guru dan peneliti untuk mengatasi permasalahan yang ada dalam pembelajaran. Sumber data penelitian ini antara lain: peristiwa proses pembelajaran menulis cerpen, informan (guru pengampu mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Sukoharjo), dokumen (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, foto kegiatan pembelajaran, hasil peta pikiran siswa, cerpen). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan analisis dokumen. Untuk menguji validitas data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis kritis berdasarkan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Proses penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dengan empat tahap pada tiap siklusnya, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, serta tahap analisis dan refleksi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan metode peta pikiran (mind mapping) dapat meningkatkan keaktifan, perhatian, konsentrasi, minat serta motivasi siswa dalam pembelajaran menulis cerpen. Di samping itu, penerapan metode peta pikiran (mind mapping) juga memacu guru untuk lebih terampil dalam mengelola kelas; (2) penerapan metode peta pikiran (mind mapping) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang berimplikasi pada keterampilan menulis cerpen siswa. Hal ini ditandai dengan nilai rata-rata siswa yang mengalami peningkatan sebelum tindakan sampai pada tiap siklusnya. Pada kondisi awal nilai rerata 68,44 tingkat ketuntasan klasikal 41,18%. Pada siklus I, nilai rerata 71,65 tingkat ketuntasan klasikal 67,65%. Pada siklus II, nilai rerata 75,18 tingkat ketuntasan klasikal 82,35%. Pada siklus III, nilai rerata 76,88 tingkat ketuntasan klasikal 100 %. ABSTRAC Wahyu Sulistiyana, S 840809224. 2010 Improving writing Comprehension of Short Story using mind mapping method can action research at the second year of SMP 4 Sukoharjo ). Thesis. Surakarta : Education of Indonesian language in Post graduate of Sebelas Maret University, Surakarta. This research is aimed to describe improving quality of learning short Story writing to the second year of SMP 4 Sukoharjo using mind mapping method ; and to Know improving writing comprehension of short Story using Mind Mapping to the second year of SMPN 4 Sukoharjo This study used classroom action research where collaborate research between the teacher and the researcher to solve the learning problem . The data source contains teaching learning process of short story writing, informant ( the Indonesian language teacher and the students of the second year of SMPN 4 Sukaharjo), document (the lesson plan, the teaching learning activities photograph, the result of students mind mapping, short story). The methods of collecting data are observation, interview, and analyzing document.for analyze the validity of data, the researcher use triangular technique of data source, and triangular method. In analyzing data, the reseacher used criticism technique based on indicator result that is approved. There were three cycles in this action research in which each cycle used four steps, they are planning, implementing, observing, and reflecting Based on the research finding, it can be concluded that mind mapping method can increase actvity, concern, concentration, and motivation of students in learning short story writing. Beside that, mind mapping method quality of learning, especially in writing comprehension of short story. The students’ score was better after this action research. Before this action research, the mean of pre-test is 68.44 while the mean of post-test is 41.18 %. In the first cycle , the result of pre-test is 71,65 while the result of post-test is 67,65%. In the second cyle, the result of pre test is 75,18 while the result of post –test is 82,35%. In the third cycle , the result of pre-test is 76,88 while the result of post-test is 100%

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Fairly Okta'mal
    Date Deposited: 21 Jul 2013 11:48
    Last Modified: 21 Jul 2013 11:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7468

    Actions (login required)

    View Item