PERBEDAAN PENGARUH PEMBELAJARAN INOVATIF DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SMASH NORMAL DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA MAHASISWA PUTERA SEMESTER II PENKEPOR JPOK FKIP UNS SURAKARTA TAHUN 2009

PRATIWI, SINONGGO (2009) PERBEDAAN PENGARUH PEMBELAJARAN INOVATIF DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SMASH NORMAL DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA MAHASISWA PUTERA SEMESTER II PENKEPOR JPOK FKIP UNS SURAKARTA TAHUN 2009. Other thesis, Universitas Negeri Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (3587Kb)

    Abstract

    Sinonggo Pratiwi. PERBEDAAN PENGARUH PEMBELAJARAN INOVATIF DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SMASH NORMAL DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA MAHASISWA PUTERA SEMESTER II PENKEPOR JPOK FKIP UNS SURAKARTA TAHUN 2009. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Juli 2009. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh antara pembelajaran inovatif dan pembelajaran konvensional terhadap hasil pembelajaran smash normal dalam permainan bola voli pada mahasiswa putera semester II Penkepor JPOK FKIP UNS Surakarta tahun 2009. (2) Pembelajaran manakah yang lebih baik antara pembelajaran inovatif dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar smash normal dalam permainan bola voli pada mahasiswa putera semester II Penkepor JPOK FKIP UNS Surakarta tahun 2009. Sejalan dengan tujuan penelitian, penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dan sampel adalah mahasiswa putera semester II Penkepor JPOK FKIP UNS Surakarta berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan smash bola voli dari Pusat Kesegaran Jasmani dan Rekreasi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. Teknik analisis data yang digunakan dengan uji t pada taraf signifikasi 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh simpulan sebagai berikut. (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pembelajaran inovatif dan pembelajaran konvensional terhadap hasil pembelajaran smash normal dalam permainan bola voli pada mahasiswa putera semester II Penkepor JPOK FKIP UNS Surakarta tahun 2009. Dengan nilai perhitungan hasil tes akhir masing-masing kelompok diperoleh nilai thitung sebesar 2.61 dan ttabel sebesar 1.76 dengan taraf signifikasi 5%. (2) Pembelajaran inovatif lebih baik pengaruhnya daripada pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar smash normal dalam permainan bola voli pada mahasiswa putera semester II Penkepor JPOK FKIP UNS Surakarta tahun 2009. Pembelajaran konvensional memiliki prosentase peningkatan kemampuan smash normal sebesar 15.52%, sedangkan pembelajaran inovatif memiliki peningkatan kemampuan smash normal sebesar 22.15%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Chrisstar Dini S
    Date Deposited: 21 Jul 2013 08:11
    Last Modified: 21 Jul 2013 08:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7443

    Actions (login required)

    View Item