Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Dongeng Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri 2 Bendosari Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali Tahun 2010

Ratnawati , Eka (2010) Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Dongeng Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri 2 Bendosari Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali Tahun 2010. Other thesis, UNS.

[img] PDF
Download (1596Kb)

    Abstract

    EKA RATNAWATI. NIM X7108657. PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI DONGENG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BENDOSARI KECAMATAN SAWIT KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2010. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2010. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah: Untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam proses pembelajaran melalui dongeng dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri 2 Bendosari. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu Perencanaan (Planning), Pelaksanaan (Acting), Pengamatan (Observing), dan Refleksi (Reflecting). Sebagai Subjek penelitian adalah siswa kelas I SD Negeri 2 Bendosari Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali. Teknik Pengumpulan data menggunakan Obervasi, dan Tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara siswa SD Negeri 2 Bendosari meningkat hal ini terbukti dari nilai perbaikan siklus I adalah Siswa yang rata-rata nilainya di atas KKM adalah 18 dari 30 siswa dan Siswa yang rata-rata nilainya di bawah KKM adalah 12 dari 30 siswa. Dan setelah diadakan perbaikan siklus II penguasaan materi Bahasa Indonesia maka siswa yang rata-rata nilainya di atas KKM adalah 29 dari 30 siswa dan siswa yang rata-rata nilainya di bawah KKM adalah 1 dari 30 siswa. Berdasarkan hasil kesimpulan yang dibuat, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia melalui dongeng dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas I SD Negeri 2 Bendosari Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali tahun 2010.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: danny
    Date Deposited: 24 Nov 2010 21:53
    Last Modified: 24 Nov 2010 21:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/74

    Actions (login required)

    View Item