PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN DENGAN METODE DISRTRIBUTED PRACTICE DAN MASSED PRACTICE TERHADAP KEMAMPUAN POWER OTOT TUNGKAI PADA SISWA KELAS IV DAN V SDN SUMBERADI, KEC. KEBUMEN KAB. KEBUMEN TAHUN 2010

IKHTIANTORO, AGUNG WAHYU (2011) PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN DENGAN METODE DISRTRIBUTED PRACTICE DAN MASSED PRACTICE TERHADAP KEMAMPUAN POWER OTOT TUNGKAI PADA SISWA KELAS IV DAN V SDN SUMBERADI, KEC. KEBUMEN KAB. KEBUMEN TAHUN 2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (739Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1). Perbedaan pengaruh antara latihan dengan metode distributed practice dan massed practice terhadap kemampuan power otot tungkai pada siswa putra kelas IV dan V SDN Sumberadi Tahun 2010. (2). Pengaruh yang lebih baik antara latihan dengan metode distributed practice dan massed practice terhadap kemampuan power otot tungkai pada siswa putra kelas IV dan V SDN Sumberadi Tahun 2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sedangkan rancangan yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V di SD Negeri Sumberadi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Teknik analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan : (1). Ada perbedaan pengaruh pembelajaran distributed practice dan massed practice terhadap kemampuan power otot tungkai pada siswa kelas IV dan V SD Negeri Sumberadi Kec Kebumen Kab Kebumen tahun 2010, karena nilai thitung yang diperoleh sebesar 1,790 , lebih besar dari ttabel sebesar 1,699. (2). Pembelajaran distributed practice lebih baik daripada massed practice terhadap kemampuan power otot tungkai pada siswa kelas IV dan V SD Negeri Sumberadi Kec Kebumen Kab Kebumen tahun 2010, karena rata-rata peningkatan secara matematika yaitu persentasenya peningkatan pembelajaran distributed practice lebih baik daripada massed practice, yaitu distributed practice 11,068 % dan massed practice 1,456 %.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 21 Jul 2013 04:46
    Last Modified: 21 Jul 2013 04:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7393

    Actions (login required)

    View Item