UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN METODE INVESTIGASI KELOMPOK (GROUP INVESTIGATION) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI YOSODIPURO SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010

LESTARI, WIWIT DESI (2010) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN METODE INVESTIGASI KELOMPOK (GROUP INVESTIGATION) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI YOSODIPURO SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1740Kb)

    Abstract

    Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas; (1) proses pembelajaran menulis narasi dan (2) hasil pembelajaran menulis narasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SD Negeri Yosodipuro No. 104 dengan subjek siswa kelas V yang berjumlah 29 siswa. Adapun yang menjadi objek penelitian adalah kemampuan menulis narasi yang termasuk dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis kritis. Proses pembelajaran menulis narasi dilaksanakan dalam tiga siklus yang meliputi empat tahap, yaitu: (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap observasi, dan (4) refleksi. Tahap perencanaan tindakan meliputi: (a) menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan instrument penelitian, (b) merancang skenario pembelajaran menulis narasi dengan menerapkan metode investigasi kelompok, dan (c) menyusun sistem penilaian yang meliputi penilaian proses dan hasil. Tahap pelaksanaan peneliti mengadakan pengamatan apakah tindakan yang telah dilakukan dapat mengatasi masalah yang ada. Selain itu, pengamatan dilakukan untuk mengumpulkan data yang nantinya diolah untuk menentukan tindakan yang akan dilakukan selanjutnya. Tahap observasi dilakukan peneliti dengan mengamati dan menginterpretasikan penerapan metode investigasi kelompok dalam pembelajaran menulis narasi serta mengolah data untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis narasi siswa dengan metode investigasi kelompok tersebut, juga untuk mengetahui kelemahan yang mungkin muncul. Tahap analisis dan refleksi dilakukan peneliti dengan menganalisis atau mengelola data hasil observasi dan interpretasi sehingga diperoleh kesimpulan bagian yang perlu diperbaiki dan bagaimana yang sudah mencapai tujuan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat: (1) peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis karangan narasi tersebut ditandai dengan meningkatnya: (a) kerja sama siswa selama pembelajaran, (b) keaktifan siswa selama pembelajaran, dan (c) minat siswa dalam pembelajaran menulis narasi; (2) peningkatan kualitas hasil pembelajaran menulis narasi pada siswa kelas V SD Negeri Yosodipuro Surakarta. Hal ini ditandai dengan nilai rata-rata menulis siswa mengalami peningkatan pada tiap siklusnya, yaitu: (a) pada siklus I sebanyak 11 siswa (56,61%), (b) pada siklus II sebanyak 21 siswa (66.41%), dan (c) pada siklus III sebanyak 27 siswa (75,34%) telah mencapai batas nilai ketuntasan yang ditetapkan, yaitu 63.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 21 Jul 2013 04:38
    Last Modified: 21 Jul 2013 04:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7389

    Actions (login required)

    View Item