PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IS 2 SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009 (Penelitian Tindakan Kelas)

SURYANTI, (2009) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IS 2 SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009 (Penelitian Tindakan Kelas). Other thesis, Universitas Negeri Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (361Kb)

    Abstract

    SURYANTI, K7405112. Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009”. (Penelitian Tindakan Kelas). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2009. Tujuan penelitian ini adalah : untuk mengetahui apakah dengan Penerapan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Al Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2008/2009. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Upaya pemecahan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) perencanaan tindakan perbaikan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (acting), (3) pengumpulan data melalui pengamatan (observing), dan (4) analisis dan refleksi tindakan (reflecting). Serangkaian kegiatan ini disebut satu siklus. Teknik pengumpulan data melalui tiga cara yaitu (1) wawancara, (2) observasi (3) tes, dan (4) dokumentasi. . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi siswa. Hal ini terlihat dari meningkatnya meningkatnya hasil belajar siswa yang diperoleh dari tes evaluasi pada siklus I dan siklus II. Metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar melalui langkah-langkah yang telah ditetapkan sebelumnya dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan juga meningkatnya keaktifan siswa melalui berbagai aktivitas yang dilakukan dalam proses belajar mengajar. Dengan demikian, penggunaan metode tutor sebaya efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Chrisstar Dini S
    Date Deposited: 21 Jul 2013 04:33
    Last Modified: 21 Jul 2013 04:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7387

    Actions (login required)

    View Item