EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MEDIA ALAM SEKITAR DAPAT MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS II SLB/B YRTRW SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009

rahayu, Lasmi Setiyo (2009) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MEDIA ALAM SEKITAR DAPAT MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS II SLB/B YRTRW SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2914Kb)

    Abstract

    Lasmi Setiyo Rahayu. Efektivitas Model Pembelajaran Media Alam Sekitar Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas II SLB/B YRTRW Surakarta Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Juli 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran media alam sekitar terhadap prestasi belajar IPA pada siswa kelas II SLB/B YRTRW Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas tempat mengajar, dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan praktik dan proses dalam pembelajaran IPA. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IIsemester II SLB/B YRTRW Kota Surakarta tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 7 siswa. Teknik analisis data digunakan analisis perbandingan, artinya peristiwa/ kejadian yang timbul dibandingkan kemudian dideskripsikan ke dalam suatu bentuk data penilaian yang berupa nilai. Dari prosentase dideskripsikan kearah kecenderungan tindakan guru dan reaksi serta hasil belajar siswa. Dari penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media alam sekitar dapat meningkatkan prestasi belajar IPA dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) Aktivitas guru dalam pembelajaran IPA dari siklus ke siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I memperoleh skor 44 (58,67%), pada siklus II mengalami kenaikan skor menjadi 52 (69,33%). Pada siklus ke III aktivitas guru telah mencapai skor 66 (80,00%) yang telah mencapai batas tuntas yaitu di atas 80%; 2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA dari siklus ke siklus mengalami peningkatan, aktivitas pada siklus I mencapai skor 23 (54,76%), pada siklus ke II mengalami peningkatan menjadi skor 30 (71,43%), dan pada siklus ke III meningkat menjadi skor 36 (85,71%) yang telah mencapai batas tuntas yaitu di atas 80%; 3) Berdasarkan hasil tes pada siklus I, diketahui rerata nilai IPA 55,71 ketuntasan klasikal 42,86%, pada siklus II rerata menjadi 61,43 ketuntasan klasikal 71,43%, dan pada siklus ke III rerata menjadi 68,57 dan jumlah siswa yang mendapat nilai 60 ke atas mencapai 7 siswa (100%) yang diasumsikan secara klasikal telah menuntaskan belajar IPA. Pembelajaran IPAsiswa kelas II SLB/B YRTRW Kota Surakarta tahun pelajaran 2008/2009 melalui media alam sekitar terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, aktivitas guru, dan aktivitas siswa, sekaligus menyenangkan serta menarik minat siswa kelas II SLB/B YRTRW Kota Surakarta tahunpelajaran 2008/2009.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Devi Nurlita Sari
    Date Deposited: 21 Jul 2013 04:32
    Last Modified: 21 Jul 2013 04:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7382

    Actions (login required)

    View Item