HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA TINGKAT I PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEBIDANAN STIKES DUTA GAMA

YULIANI, DIKI RETNO (2009) HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA TINGKAT I PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEBIDANAN STIKES DUTA GAMA. Other thesis, Universitas Negeri Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (309Kb)

    Abstract

    Diki Retno Yuliani, R 1108009. 2009. Hubungan antara Interaksi Sosial dengan Prestasi belajar Mahasiswa Tingkat I Program Studi Diploma III Kebidanan Stikes Duta Gama. Karya Tulis Ilmiah: Program Studi Diploma IV Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara interaksi sosial dengan prestasi belajar mahasiswa tingkat I Program Studi Diploma III Kebidanan Stikes Duta Gama. Interaksi sosial mahasiswa tingkat I Program Studi Diploma III Kebidanan Stikes Duta Gama dengan mahasiswa yang lain akan mengiringi mahasiswa tersebut selama proses belajar-mengajar, dan akan mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah korelasi kuantitatif dengan pendekatan waktu cross sectional. Populasinya adalah mahasiswa tingkat I Program Studi Diploma III Kebidanan Stikes Duta Gama, dengan teknik pengambilan sampel sampling jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner yang telah diuji validitas reliabilitas dan dokumentasi. Pada uji validitas instrumen, dari 49 soal yang diajukan 40 soal valid sedangkan 9 soal yang lain tidak valid (nilai hitung tabel r á r 0,320) selanjutnya tidak digunakan . Kemudian untuk uji reliabilitas, instrumen penelitian yang berupa kuesioner dinyatakan reliabel dengan nilai hitung tabel r > r yaitu 0,943 > 0,320. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah uji korelasi Pearson product moment. Dari uji statistik dengan rumus korelasi product moment diperoleh nilai hitung r = 0,204 > tabel r ,= 0,199 yang menunjukkan adanya hubungan yang positif antara kedua variabel penelitian. Namun hubungan antara variabel X dan Y hanya bersifat rendah. Kemudian diperoleh nilai KP = 4,2 % yang menunjukkan besarnya sumbangan variabel interaksi sosial terhadap prestasi belajar. Berdasarkan hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara interaksi sosial dengan prestasi belajar pada mahasiswa tingkat I Program Studi Diploma III Kebidanan Stikes Duta Gama.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran > D4 - Kebidanan
    Depositing User: Chrisstar Dini S
    Date Deposited: 20 Jul 2013 22:17
    Last Modified: 20 Jul 2013 22:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7328

    Actions (login required)

    View Item