PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MENULIS PERMULAAN DENGAN METODE KATA LEMBAGA DI KELAS II SDN NAYU BANJARSARI SURAKARTA

MUTINGAH, SITI (2009) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MENULIS PERMULAAN DENGAN METODE KATA LEMBAGA DI KELAS II SDN NAYU BANJARSARI SURAKARTA. Other thesis, Universitas Negeri Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (334Kb)

    Abstract

    Siti Mutingah, X 7107519. Peningkatan Kemampuan Membaca Menlis Permulaan Dengan Metode Kata Lembaga Di Kelas II SDN Nayu Banjarsari Surakarta. Skripsi : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode kata lembaga dan untuk memaparkan cara menggunakan metode kata lembaga untuk meningkatkan kemampuan membaca menulis permulaan di kelas II SDN Nayu Banjarsari Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilakukan di kelas II SDN Nayu Banjarsari Surakarta pada semester II tahun pelajaran 2008 / 2009 dimulai bulan Februari sampai Juni 2009. Data penelitian ini berupa sumber data primer yaitu : siswa, guru, orang tua atau pihak terkait dan sumber data sekunder yaitu : lembar observasi, dokumen dan catatan anekdot. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Observasi yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung untuk mengetahui aktivitas siswa, dokumen penelitian dengan mengumpulkan data-data tertulis dan daftar nilai formatif dan catatan anecdot, pengumpulan data ini untuk mengetahui tentang pribadi siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisa data kualitatif interaktif. Hasil penelitian ini dengan penerapan metode kata lembaga yang diterapkan di kelas II SDN Nayu Banjarsari Surakarta ternyata dapat meningkatkan kemampuan membaca menulis permulaan siswanya. Dalam penerapan metode kata lembaga dapat meningkatkan kemampuan membaca menulis permulaan. Dalam belajar membaca menulis permulaan. Implikasi dalam penelitian ini adalah metode kata lembaga dapat diterapkan sebagai metode yang tepat dalam pembelajaran keerampilan membaca menulis permulaan dan metode kata lembaga dapat sebagai variasi guru dalam pemilihan metode pembelajaran membaca dan menulis permulaan. Rekomendasi yang dapat disampaikan adalah dalam pemilihan metode yang hendak diterapkan dalam proses pembelajaran di dalam kelas sebaiknya guru terlebih dahulu mengetahui kondisi siswa dan kondisi yang ada di dalam kelas sehingga metode tersebut akan dapat diterapkan dengan baik. Selain itu dibutuhkan kemampuan guru untuk mengidentifikasi keinginan dan harapan siswanya agar mampu menciptakan metode atau merencanakan metode yang hendak digunakan dalam proses pembelajaran sehingga tujuan dari belajar akan dapat tercapai dengan mudah Kata Kunci : Membaca Menulis Permulaan, Kata Lembaga.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Chrisstar Dini S
    Date Deposited: 20 Jul 2013 22:06
    Last Modified: 20 Jul 2013 22:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7322

    Actions (login required)

    View Item