EFEKTIVITAS IKLAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL AIDA (attention, interest, desire, action) terhadap minat beli konsumen

Liera, Brightayati (2010) EFEKTIVITAS IKLAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL AIDA (attention, interest, desire, action) terhadap minat beli konsumen. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1020Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilakukan di: Indomaret Karanganyar adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui : pertama, efektivitas iklan POND'S Flawless White dengan menggunakan model AIDA yaitu perhatian (attention), ketertarikan (interest), keinginan (desire), dan tindakan (action) terhadap minat beli konsumen. Kedua, variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap peningkatan minat beli konsumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode kuesioner, dengan jumlah responden sebanyak 100 responden yang diselenggarakan mulai tanggal 20 November 2009 sampai dengan 20 Desember 2009. Variabel yang di gunakan adalah: (1) Variabel Perhatian (attention), (2) Variabel Ketertarikan (interest), (3) Variabel Keinginan (desire), (5) Variabel Tindakan (action), dan (6) Variabel Minat Beli. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yaitu analisis yang bersifat uraian dari hasil penelitian yang didukung teori, mengelompokkan dan mengikhtisarkan dari tanggapan responden meliputi, usia, jenis pekerjaan, dan penghasilan. Uji analisis dengan menggunakan uji linier berganda, uji validitas, uji reliabilitas, uji f, uji t, serta R square. Berdasar hasil penelitian tersebut, peneliti memberikan beberapa saran yaitu sebagai berikut: Sebaiknya perusahaan berusaha lebih meningkatkan promosi yang disampaikan kepada calon pembeli tidak hanya melalui media televisi akan tetapi juga melalui pendekatan konsumen seperti mengadakan pameran produk di mall, mengadakan talk show agar konsumen dapat lebih mengenal produk – produkya sehingga diharapkan mampu meningkatkan citra produk dan mendongkrak penjualan. Sedangkan bagi penelitian selanjutnya sebaiknya menambah variabel lain selain attention, interest, desire, action yang dapat mempengaruhi minat beli konsumen seperti variable conviction dimana variabel tersebut menimbulkan keyakinan terhadap suatu produk dan variable decision yaitu variabel yang menghasilkan kepuasan terhadap produk, agar dapat digunakan sebagai pertimbangan variabel mana yang paling penting dalam penelitian tersebut.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Faisal Adhinata
    Date Deposited: 20 Jul 2013 20:31
    Last Modified: 20 Jul 2013 20:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7291

    Actions (login required)

    View Item