ADOPSI E-COMMERCE DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) BAGI UKM (Studi Kasus Pada UKM kota Solo Tahun 2010)

ROSARINDRY POETRI, ADELLIA (2010) ADOPSI E-COMMERCE DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) BAGI UKM (Studi Kasus Pada UKM kota Solo Tahun 2010). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (462Kb)

    Abstract

    Studi ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh computer self efficacy, perceived usefullness, perceived ease to use, attitude towards using, dan intention to use terhadap actual usage dalam adopsi e-commerce yang dilakukan oleh UKM berdasarkan pendekatan Technology of Acceptance Model (TAM). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah computer self efficacy berpengaruh terhadap perceived usefullness dan perceived ease to use, apakah perceived ease to use berpengaruh terhadap perceived usefullness, apakah perceived usefullness dan perceived ease of use berpengaruh terhadap attitude towards using, apakah perceived usefullness berpengaruh langsung terhadap intention to use dan apakah intention to use berpengaruh langsung terhadap actual usage dalam adopsi e-commerce. Data diambil melalui survei pada 200 UKM di kota Solo yang menggunakan ecommerce pada aktivitas usahanya. Pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling.Uji validitas dan reliabilitas dilakukan untuk memastikan bahwa data memenuhi kualifikasi kelayakan dalam pengujian hipotesis dengan menggunakan metode statistik Confirmatory Factor Analysis. Untuk memecahkan permasalahan yang dirumuskan, pengujian dilakukan dengan menggunakan Structural Equation model (SEM). Melalui pengujian ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman secara empiris berkaitan dengan proses adopsi e-commerce oleh UKM. Hasil pengujian yang dilakukan mengindikasi bahwa computer self efficacy berpengaruh positif terhadap perceived usefulness dan perceived ease of use, perceived usefulness berpengaruh positif pada attitude towards using dan intention to use, attitude towards using berpengaruh positif terhadap intention to use, serta intention to use berpengaruh positif terhadap actual usage. Hasil pengujian juga mengindikasikan bahwa perceived ease of use berpengaruh secara negatif terhadap perceived usefulness dan attitude towards using. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil pengujian secara empiris yang berkaitan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi e-commerce oleh UKM di kota Solo. Dalam pembahasannya juga didiskusikan implikasi baik secara teoritis, metodologis, dan peluang penelitian lanjutan. Kata kunci: Technology Accpetance Model, Structural Equation Model, e-commerce, UKM

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Depositing User: muhammad majaduddin
    Date Deposited: 20 Jul 2013 19:03
    Last Modified: 20 Jul 2013 19:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7265

    Actions (login required)

    View Item