Analisis faktor marketing mix terhadap keputusan pembelian konsumen buah jeruk pada pasar swalayan di surakarta

Kusumaningrum , Esthi Widjaya (2008) Analisis faktor marketing mix terhadap keputusan pembelian konsumen buah jeruk pada pasar swalayan di surakarta. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF
Download (435Kb)

    Abstract

    Esthi Widjaya Kusumaningrum. H0304068. 2008. Analisis Faktor Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Buah Jeruk Pada Pasar Swalayan di Surakarta. Di bawah bimbingan Dr. Ir. Moh. Harisudin, MSi dan Ir. Heru Irianto, MM Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli buah jeruk pada pasar swalayan di Surakarta dan mengkaji variabel-variabel yang dominan dipertimbangkan konsumen dalam membeli buah jeruk pada pasar swalayan di Surakarta Metode dasar dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah judgement sampling, dimana peneliti berada di tempat penelitian untuk melakukan penyebaran kuesioner ataupun wawancara. Jumlah sampel yang diambil adalah 84 orang pembeli yang didasarkan pada ukuran sampel untuk analisis faktor sedikitnya adalah 4 atau 5 kali jumlah variabel yang diteliti. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data secara pencatatan, wawancara dan observasi. Metode analisis data dengan menggunakan analisis faktor. Analisis faktor adalah suatu analisis yang digunakan untuk mereduksi, meringkas dari banyak variabel menjadi beberapa faktor. Analisis faktor menggunakan data yang berasal dari pendapat responden terhadap variabel- variabel buah jeruk. Hasil factor analysis menunjukkan bahwa ada 4 faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli buah jeruk pada pasar swalayan di Surakarta. Keempat faktor tersebut berdasarkan prioritasnya adalah faktor produk (22,89%), faktor tempat (15,60%), faktor harga (9,44%), dan faktor promosi (7,16%). Sedangkan variabel-variabel yang dominan dipertimbangkan konsumen dalam membeli buah jeruk pada pasar swalayan di Surakarta untuk tiap-tiap faktor adalah faktor produk yaitu variabel rasa, faktor tempat yaitu variabel kenyamanan, faktor harga yaitu variabel harga, serta faktor promosi yaitu variabel promosi. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan, yaitu pada faktor produk, karena rasa buah jeruk yang manis paling banyak disukai dan diminati oleh konsumen maka sebaiknya pemasar menyediakan stock jenis buah jeruk yang memiliki rasa manis. Pada faktor tempat, pemasar buah jeruk hendaknya lebih meningkatkan faktor kenyamanan (luasnya tempat, kebersihan, kesejukan), karena variabel ini dominan dipertimbangkan konsumen dalam pembelian buah jeruk di pasar swalayan. Sedangkan pada faktor harga, pemasar buah jeruk sebaiknya dapat mempertahankan harga yang terjangkau dan bersaing. Pada faktor promosi, hendaknya pemasar buah jeruk lebih meningkatkan kegiatan promosi (dengan memberikan harga khusus/ potongan harga) sehingga dapat meningkatkan volume penjualan buah jeruk.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Depositing User: Users 855 not found.
    Date Deposited: 22 Jul 2013 17:06
    Last Modified: 22 Jul 2013 17:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7247

    Actions (login required)

    View Item