HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI GURU PKn DENGAN MOTIVASI BELAJAR PKn SISWA KELAS XI JURUSAN IPS SMA NEGERI I KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011

KURNIA JATI, INTAN (2011) HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI GURU PKn DENGAN MOTIVASI BELAJAR PKn SISWA KELAS XI JURUSAN IPS SMA NEGERI I KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (758Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Intan Kurnia Jati. HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI GURU PKn DENGAN MOTIVASI BELAJAR PKn SISWA KELAS XI JURUSAN IPS SMA NEGERI I KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Februari. 2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif antara kompetensi guru PKn dengan motivasi belajar PKn siswa kelas XI jurusan IPS SMA Negeri I Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan IPS SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2010/2011, namun yang diajar oleh guru yang telah memiliki sertifikat sertifikasi guru. Populasi penelitian terdiri dari 3 kelas sebanyak 133 siswa. Sampel diambil dengan teknik Proporsional Random Sampling, dan diperoleh sampel sebanyak 33 siswa. Teknik pengumpulan data untuk variabel kompetensi guru PKn (X) dan variabel motivasi belajar PKn (Y), keduanya menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan ada hubungan yang positif antara kompetensi guru PKn dengan motivasi belajar PKn siswa kelas XI jurusan IPS SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2010/2011 yang dapat dibuktikan dengan hasil analisa yaitu diperoleh harga r xy = 0,369 dan pada taraf signifikansi 5% dengan N=33 diperoleh r tabel = 0,344, karena r xy > r tabel yaitu 0,369 > 0,344 , maka menunjukkan ada hubungan yang positif antara variabel X dengan variabel Y. Sedangkan harga thitung=2,211 dan pada taraf signifikansi 5% dengan N=33 diperoleh ttabel=2,03, karena thitung>ttabel yaitu 2,211 > 2,03 maka antara variabel X dengan variabel Y terdapat hubungan yang signifikan atau berarti. Adapun persamaan garis regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y=67.7090+0.2204X, berdasarkan persamaan regresi menggambarkan bahwa setiap kenaikan satu unit atau adanya kenaikan satu angka pada variabel kompetensi guru PKn maka diikuti kenaikan variabel motivasi belajar PKn sebesar kemiringan gradien garis regresi sebesar 0,2204. ABSTRACT Intan Kurnia Jati. The Correlation between the Competence of the Civics Teacher and the Learning Motivation in Civics of the 11th-grade Students Majoring in Social Sciences of SMA Negeri 1 Kartasura of Sukoharjo Regency in the Academic Year of 2010/2011. Skripsi: the Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University, Surakarta. February, 2011. The objective of this research is to investigate whether or not there is a positive correlation between the competence of the Civics teacher and the learning motivation in Civics of the 11th-grade students majoring in Social Sciences of SMA Negeri 1 Kartasura in the academic year of 2010/2011. This research used a descriptive quantitative correlational method. The population of this research was all of the 11th-grade students majoring in Social Sciences of SMA Negeri 1 Kartasura in the academic year of 2010/2011, who were taught by the certificate of teacher certification. The population of the research consisted of 3 classes as many as 133 students. The samples of the research consisted of 33 students, and were taken by using a proportional random sampling technique. The data of both variables, the competence of the Civics teacher (X) and the learning motivation in Civics (Y), were gathered through questionnaire. The data were then analyzed by using a simple correlational technique of analysis. The result of this research shows that there is a positive correlation between the competence of the Civics teacher and the learning motivation in Civics among the 11th-grade students majoring in Social Sciences of SMA Negeri 1 Kartasura in the academic year of 2010/2011, indicated by the value of r xy = 0.369 at the significance level of 5%, and with N = 33 that that of r table = 0.344. Because r xy = 0.369 > r table = 0.344, this indicates that there is a positive correlation between the X variable and the Y variable. Meanwhile, the analysis also shows that the value of tcount is 2.211 at the significance level of 5%, and with N = 33 that of ttable is 2.03. Since tcount = 2.211 > ttable= 2.03, this indicates that there is a significant correlation between the X variable and the Y variable. The equation of the linear regression equation is Y = 67.7090 + 0.2204X. The regression equation signifies that if there is an increase in one unit or the rise of one number at the variable of the competence of the Civics teacher, it is followed by an increase in the variable of the learning motivation in Civics by the gradient declivity of regression line or as much as 0.2204.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: Fairly Okta'mal
    Date Deposited: 20 Jul 2013 12:44
    Last Modified: 20 Jul 2013 12:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7188

    Actions (login required)

    View Item