IMPROVING STUDENT’S GRAMMAR MASTERY BY USING TEACHER’S FEEDBACK (A Classroom Action Research in SMA Negeri 8 Surakarta in Academic Year 2009/2010)

SIDIK, ARIF NUR (2011) IMPROVING STUDENT’S GRAMMAR MASTERY BY USING TEACHER’S FEEDBACK (A Classroom Action Research in SMA Negeri 8 Surakarta in Academic Year 2009/2010). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1840Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menemukan sejauh mana umpan balik guru meningkatkan penguasaan tata bahasa siswa dan kelebihan dan kekurangan umpan balik guru yang diterapkan dalam kelas di SMA Negeri 8 Surakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat langkah: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan pengamatan, catatan lapangan, gambar, percakapan, daftar percakapan, dan tes. Tes yang diberikan merupakan pre-test and post-test. Kemudian, peneliti menganalisa skor rata-rata tes. Tes nya digunakan untuk menemukan peningkatan pengusaan tata bahasa siswa setelah penelitian dilaksanakan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa umpan balik guru dapat meningkatkan penguasaan tata bahasa siswa dan umpan balik guru memiliki kelebihan dan kekurangan. Peningkatan penguasaan tatabahasa siswa direfleksikan dalam skor tes. Skor rata-rata dari hasil pre-tes adalah 53,9, untuk post-test 1 adalah 58,78 dan 68,48 untuk post-test 2. Kelebihan umpan balik guru diantara nya adalah (1) umpan balik guru membuat siswa lebih akurat dalam menulis. (2) umpan balik guru membuat siswa lebih memperhatikan tata bahasa pada tugas menulis. Sementara, beberapa kekurangn nya adalah (1) penerapan umpan balik guru membutuhkan banyak waktu, (2) siswa mendapat kesulitan dalam menghafal semua kode umpan balik kesalahan. Berdasarkan hasil kajian diatas, peneliti menyarankan bahwa guru Bahasa Inggris lebih baik menerapkan umpan balik guru di kelas agar supaya membantu siswa meningkatkan penguasaan tata bahasa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PE English
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 20 Jul 2013 06:57
    Last Modified: 20 Jul 2013 06:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7163

    Actions (login required)

    View Item