PENERAPAN STRATEGI BAURAN PROMOSI GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT GUJATI 59 UTAMA

Tamtomo, Dimas Hariyo (2010) PENERAPAN STRATEGI BAURAN PROMOSI GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT GUJATI 59 UTAMA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1576Kb)

    Abstract

    Tugas Akhir ini ditulis untuk mengetahui bagaimana PT Gujati 59 Utama menerapkan strategi bauran promosi dan bagaimana pengaruhnya terhadap volume penjualan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan strategi promosi yang digunakan PT Gujati 59 Utama guna meningkatkan volume penjualan. PT Gujati 59 Utama merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang industri jamu herbal. Peningkatan jaringan pemasaran dilakukan dengan melakukan intensifikasi jaringan yang telah ada maupun perluasan ke daerah lain yang dinilai potensial. Sistem pemasaran jamu Gujati 59 adalah dengan pembentukan distributor di masing-masing wilayah. Metode pengumpulan yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang telah di kumpulkan oleh penulis malalui metode wawancara langsung maupun dengan mengumpulkan data-data buku serta referensi lainnya. Teknik pembahasan dengan analisis deskiptif yaitu membuat gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai obyek yang diteliti. Dalam menghadapi persaingan yang ada dan guna meningkatkan volume penjualan maka PT Gujati 59 Utama menerapkan strategi bauran promosi antara lain advertensi atau periklanan, promosi penjualan, personal selling, dan publisitas. Biaya promosi yang ditetapkan pada tahun 2010 triwulan I Rp.16.730.300,triwulan II Rp.16.990.770,triwulan III Rp.17.584.437,triwulan IV Rp.18.780.554. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi promosi yang efektif dan biaya promosi yang tepat dapat meningkatkan volume penjualan pada tahun 2010. Adapun saran yang mungkin berguna bagi perusahaan antara lain dengan menerapkan strategi promosi yang lebih efektif yang semula poster, spanduk dan billboard hanya berada diwilayah perusahaan yaitu Kabupaten Sukoharjo dan Wonogiri, dapat di perluas lagi kewilayah – wilayah yang belum terjangkau seperti Solo, Klaten, Sragen dan Karanganyar dan lebih meningkatkan biaya promosi agar volume penjualan mengalami peningkatan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Users 832 not found.
    Date Deposited: 20 Jul 2013 06:43
    Last Modified: 20 Jul 2013 06:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7158

    Actions (login required)

    View Item