STRATEGI PEMASARAN INDUSTRI MADU PADA PT MADU PRAMUKA DI KABUPATEN BATANG

PRATIWI, EKA (2011) STRATEGI PEMASARAN INDUSTRI MADU PADA PT MADU PRAMUKA DI KABUPATEN BATANG. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (497Kb)

    Abstract

    Eka Pratiwi. H 0305062. 2010. “Strategi Pemasaran Industri Madu pada PT Madu Pramuka di Kabupaten Batang”. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta. Dibawah bimbingan Ir. Sugiharti Mulya H., MP. dan Erlyna Wida Riptanti, SP., MP. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman, merumuskan alternatif strategi dan menentukan prioritas strategi yang dapat diterapkan dalam pemasaran industri madu di PT Madu Pramuka di Kabupaten Batang. Metode dasar penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive (sengaja). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif, Matriks EFE, Matriks IFE, Matriks IE, Matriks SWOT, dan Matriks QSP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alternatif strategi pemasaran yang diperoleh antara lain membuat produk madu yang berkualitas, menciptakan produk madu unggulan, mempertahankan keaslian dan kemurnian madu, dan keragaman jenis produk madu untuk meningkatkan loyalitas konsumen terhadap perusahaan, menjaga kontinuitas produk dengan menjaga hubungan baik dengan pemasok, meningkatkan kerajasama dengan lembaga litbang untuk mengembangkan produk madu, meningkatkan penjualan berdasar segmen pasar geografis, target pasar, dan menggunakan saluran distribusi yang pendek, memanfaatkan teknologi yang lebih tinggi untuk memperoleh madu dengan kadar air yang rendah, meningkatkan promosi penjualan melalui event-event yang di selenggarakan oleh Pemda, menggunakan internet dengan selalu up date informasi, membuat stan sendiri saat ada event penting, leaflet dan katalog dan pengenalan pengobatan sengat lebah pada segmen pasar yang dituju, meningkatkan volume penjualan dengan promosi harga yang lebih rendah padasegmen pasar yang dituju, memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen agar konsumen percaya dan loyal terhadap produk madu dari perusahaan, meningkatkan pasokan madu yang cukup selama musim paceklik, melakukan pencatatan data produksi dan data penjualan yang lebih rinci, menetapkan harga yang lebih rendah untuk meningkatkan penjualan agar menghasilkan biaya yang lebih rendah. Prioritas strategi yang dapat diterapkan dalam pemasaran industri madu pada PT Madu Pramuka di Kabupaten Batang adalah membuat produk madu yang berkualitas, menciptakan produk madu unggulan, mempertahankan keaslian dan kemurnian madu, dan keragaman jenis produk madu untuk meningkatkan loyalitas konsumen terhadap perusahaan

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Depositing User: muhammad majaduddin
    Date Deposited: 20 Jul 2013 04:15
    Last Modified: 20 Jul 2013 04:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7122

    Actions (login required)

    View Item