PEMBELAJARAN PRAKTIK KLINIK KEPERAWATAN MAHASISWA TINGKAT II AKADEMI KEPERAWATAN KOSGORO MOJOKERTO DI RUMAH SAKIT TIPE A

Astuti, Ina Muji (2011) PEMBELAJARAN PRAKTIK KLINIK KEPERAWATAN MAHASISWA TINGKAT II AKADEMI KEPERAWATAN KOSGORO MOJOKERTO DI RUMAH SAKIT TIPE A. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (426Kb)

    Abstract

    Ina Muji Astuti. S5409080108. Pembelajaran Praktik Keperawatan Klinik di Rumah Sakit Saiful Anwar Malang Jawa Timur. Tesis Program Studi Magister Kedokteran Keluarga Minat Utama Pendidikan Profesi Kesehatan Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.2009. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk : (1) mengetahui gambaran mengenai perencanaan pembelajaran praktik klinik keperawatan di Rumah Sakit Saiful Anwar Malang Jawa Timur, (2) Mengetahui gambaran mengenai pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran praktik klinik keperawatan di Rumah Sakit Saiful Anwar Malang, (3) mengetahui gambaran hambatan-hambatan dalam pelaksanaan praktik klinik keperawatan dan solusi cara mengatasinya. Strategi penelitian yang digunakan adalah studi kasus terpancang (embedded case study research). Analisa data dilakukan melalui analisis kualitatif. Sumber data penelitian berupa : (1) informan atau nara sumber yang terdiri dari mahasiswa, para CI baik dari lahan praktik maupun institusi, pengelola praktik klinik dalam hal ini adalah penanggung jawab praktik klinik Akper Kosgoro Mojokerto, Kepala Diklat Rumah Sakit Saiful Anwar Malang, (2) arsip dan dokumen mengenai perencanaan pembelajaran praktik klinik keperawatan (chek list), dokumen administrasi Akper Kosgoro Mojokerto. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, focus group discussion, observasi partisipatif, dan studi dokumen.Hasil penelitian menunjukkan : (1). Perencanaan pembelajaran praktik klinik keperawatan di Rumah Sakit Saiful Anwar Malang sudah terencana dengan baik dan sistematis, diawali dengan adanya MOU (Memorandum Of Understanding), namun masih ditemukan kekurangan dalam administrasi surat menyurat, (2). Pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran praktik klinik dirumah sakit sudah berjalan dengan baik karena rumah sakit ini merupakan rumah sakit tipe A yang dilengkapi sarana dan prasarana serta kasus yang banyak dan bervariasi, namun masih terdapat kendala terutama dari mahasiswa yaitu kurang aktif dan motivasi mereka serta kurangnya referensi dalam penyusunan LP, sedangkan evaluasi sudah dilaksanakan dengan baik. (3). Hambatan yang dirasakan dalam pembelajaran praktik klinik, diantaranya administrasi perijinan yang masih lama,jumlah CI institusi sangat terbatas, tempat response yang masih kurang serta kendala dari mahasiswa yang masih kurang dalam penguasaan teori dan keterampilan. Hasil penelitian ini membawa implikasi bahwa Akper Kosgoro Mojokerto Jawa Timur sebagai lembaga pendidikan keperawatan perlu meningkatkan kualitas pembelajaran praktik klinik dan kualitas serta kuantitas instruktur atau pembimbing klinik.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: muhammad majaduddin
    Date Deposited: 20 Jul 2013 03:50
    Last Modified: 20 Jul 2013 03:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7119

    Actions (login required)

    View Item