KINERJA TIM MARKETING DINAS PERINDUSTRIAN PERDAGANGAN & ENERGI SUMBER DAYA MINERAL (ESDM) KABUPATEN KULON PROGO DALAM KEGIATAN PENGEMBANGAN PASAR & DISTRIBUSI BARANG/PRODUK

WIBOWO, HANANTO (2011) KINERJA TIM MARKETING DINAS PERINDUSTRIAN PERDAGANGAN & ENERGI SUMBER DAYA MINERAL (ESDM) KABUPATEN KULON PROGO DALAM KEGIATAN PENGEMBANGAN PASAR & DISTRIBUSI BARANG/PRODUK. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (275Kb)

    Abstract

    Hananto Wibowo D0105071, Kinerja Tim Marketing Dinas Perindustrian Perdagangan kabupaten Kulon Progo & Energi Sumber Daya Mineral Dalam Kegiatan Pengembangan Pasar & Distribusi Barang/Produk, Jurusan Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 80 Halaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh potensi-potensi di bidang perindustrian & perdagangan di Kabupaten Kulon Progo yang belum maksimal pengelolaannya sehingga tidak maksimal pendapatan yang diperoleh dari bidang tersebut. Kenyataan tersebut kemudian direspon oleh Dinas Perindustrian Perdagangan & Energi Sumber Daya Mineral dengan kegiatan maupun program dengan tujuan meningkatkan pendapatan dari potensi yang belum maksimal tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang Kinerja Tim Marketing Dinas Perindustrian Perdagangan & Energi Sumber Daya Mineral kabupaten Kulon Progo dalam kegiatan pengembangan pasar dan distribusi barang/produk. Selain itu untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya kegiatan yang dilaksanakan terhadap para pengusaha maupun pedagang. Serta pelaksanaan akuntabilitas kepada atasan maupun kepada publikakuntabilitas kepada atasan maupun kepada publik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dimana sumber datanya diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian untuk memberikan jaminan bagi kemantapan kesimpulan dan tafsiran makna sebagai hasil penelitian, maka dilakukan uji validitas data dengan menggunakan teknik triangulasi data. Kinerja Tim Marketing Dinas Perindustrian Perdagangan & Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Kulon Progo Dalam Kegiatan Pengembangan Pasar & Distribusi Barang/Produk dapat dilihat melalui indikator responsibilitas, responsivitas, akuntabilitas, sumber daya manusia, dan kualitas layanan. Melalui indikator respinsibilitas terlihat bahwa kemampuan aparat dalam menjalankan kegiatan sudah sesuai dengan aturan yang ada meskipun dengan inovasi-inovasi yang dibutuhkan dalam menjalankan kegiatannya. Indikator responsivitas terlihat dari respon atas permasalahan pengusaha maupun pedagang dalam mengenalkan dan memasarkan produknya dengan melaksanakan program pembinaan, promosi dan pameran. Indikator akuntabilitas terlihat dari pertanggungjawaban atas pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan kepada atasan selaku pemberi mandat serta kepada publik melalui pembinaan maupun fasilitasi terhadap pengusaha maupun pedagang. Indikator sumber daya manusia terlihat dengan adanya kegiatan pengembangan sumber daya manusia dari aparatur dinas baik melalui pelatihan-pelatihan maupun melalui tugas belajar sehingga mampu melaksanakan tugas sesuai dengan bidangnya.Indikator kualitas layanan terlihat dari adanya pelayanan fasilitasi sesuai dengan standar-standar yang ada. Dalam pelaksanaan kegiatan tidak terlepas dari hambatan yang dihadapi. Meskipun demikian kegiatan tersebut dapat berjalan dengan cukup baik.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    J Political Science > J General legislative and executive papers
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: muhammad majaduddin
    Date Deposited: 20 Jul 2013 03:41
    Last Modified: 20 Jul 2013 03:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7118

    Actions (login required)

    View Item