ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN DALAM MEMBELI DAGING SAPI DI PASAR TRADISIONAL KABUPATEN KARANGANYAR

WIJAYANTI, MONIKA RISANG (2011) ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN DALAM MEMBELI DAGING SAPI DI PASAR TRADISIONAL KABUPATEN KARANGANYAR. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (535Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut yang menjadi preferensi konsumen, dan sikap konsumen terhadap berbagai atribut daging sapi di pasar tradisional Kabupaten Karanganyar. Metode dasar penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis, dan pelaksanaannya dengan teknik survei. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive) yaitu Kabupaten Karanganyar dengan mengambil 5 pasar tradisional sebagai sampel. Penentuan sampel dilakukan dengan metode judgement sampling dengan jumlah responden 96 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara, dan pencatatan. Analisis yang digunakan adalah analisi Chi Square dan analisis sikap Multiatribut Fishbein. Hasil analisis Chi Square menunjukkan bahwa semua atribut yang diteliti berbeda nyata dalam taraf kepercayaan 95% yang berarti terdapat perbedaan preferensi konsumen terhadap atribut-atribut yang ada pada daging sapi. Daging sapi yang menjadi preferensi konsumen di pasar tradisional Kabupaten Karanganyar adalah daging sapi memiliki warna daging merah cerah, kandungan air sedikit, tanpa kandungan lemak, dan serat daging halus. Berdasarkan analisis Multiatribut Fishbein diketahui sikap konsumen terhadap atribut daging sapi yang paling dipertimbangakan dalam keputusan pembelian daging sapi di pasar tradisional Kabupaten Karanganyar adalah warna daging sapi. Urutan atribut dari yang paling dipertimbangkan sampai dengan yang kurang dipertimbangkan adalah warna daging, kandungan air, kandungan lemak, dan serat daging. Kata Kunci : Daging Sapi, Preferensi konsumen, Analisis Chi Square, Analisis Multiatribut Fishbein. ABSTRACT The results of this study aims to understand the attributes consumer preferences, and consumer attitudes toward various attributes of beef in the traditional markets Karanganyar Regency. The basic method of this research uses descriptive analytical method, implemented with survey techniques. Location of the study were purposively selected (purposive), in Karanganyar Regency by taking five traditional markets for the sample. The sample is determined with judgments method of sampling with the number of respondents 96 people. Types of data used are primary data and secondary data with data collection method by observation, interviews, and recording. The analysis used was Chi Square analysis and Fishbein Multiatribut attitudes. Chi Square analysis results showed that all attributes under study was significantly different in level 95% which means that there are differences in consumer preferences for attributes that exist in the beef. Beef preferences by consumers in traditional markets is the beef Karanganyar Regency has a bright red meat color, water content slightly, with no fat content, and fine meat fibers. Based on the analysis of Fishbein Multiatribut known consumer attitudes toward beef attributes most dipertimbangakan in purchasing decisions of beef in the traditional markets Karanganyar Regency is the color of beef. The order of the attributes of the most consideration to the less considered is the color of meat, water content, fat content, fiber of meat. Keywords: Beef, Consumer preferences, Chi Square analysis, Analysis MultiatributFishbein.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Uncontrolled Keywords: Daging Sapi, Preferensi konsumen, Analisis Chi Square, Analisis Multiatribut Fishbein. Beef, Consumer preferences, Chi Square analysis, Analysis MultiatributFishbein.
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Fairly Okta'mal
    Date Deposited: 20 Jul 2013 00:35
    Last Modified: 20 Jul 2013 00:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7101

    Actions (login required)

    View Item