EKSPERIMENTASI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DENGAN MEDIA KOMPUTER DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA PADA MATERI POKOK INTEGRAL DI SMA NEGERI DI KABUPATEN LAMANDAU

Malanggi Ringkin, Rissa Thesesha (2011) EKSPERIMENTASI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DENGAN MEDIA KOMPUTER DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA PADA MATERI POKOK INTEGRAL DI SMA NEGERI DI KABUPATEN LAMANDAU. PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (558Kb)

    Abstract

    Rissa Thesesha Malanggi Ringkin. S850809113 “EKSPERIMENTASI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DENGAN MEDIA KOMPUTER DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA PADA MATERI POKOK INTEGRAL DI SMA NEGERI DI KABUPATEN LAMANDAU”. Tesis; Komisi Pembimbing I: Drs. Tri Atmojo, K, M.Sc, Ph.D. dan Pembimbing II: Drs. Suyono, M.Si. Program studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2011. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui manakah diantara pendekatan konstruktivisme dengan media animasi macromedia flash MX dan pendekatan konstruktivisme dengan media komputer microsoft power point yang dapat memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik pada materi integral (2) Untuk mengetahui pada masing-masing tingkatan kemampuan awal (tinggi, sedang dan rendah) manakah yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik pada materi pokok integral (3) Untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara pendekatan konstruktivisme dengan media komputer (macromedia flash MX dan microsoft power point) dengan kemampuan awal siswa (tinggi, sedang dan rendah) terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Sekabupaten Lamandau Tahun Pelajaran 2010/2011. Pengambilan sampel dilakukan secara Stratified cluster random sampling. Sampel Penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Sematu Jaya yang terdiri dari satu kelas sebagai kelas eksperimen 1 dan satu kelas sebagai kelas Eksperimen 2, serta SMA Negeri Menthobi Raya yang terdiri dari satu kelas sebagai kelas eksperimen 1 dan satu kelas sebagai kelas Eksperimen 2. Banyak anggota sampel seluruhnya adalah 130 siswa. Uji Coba instrumen prestasi belajar matematika dilakukan di SMA Negeri 1 Bulik dengan 72 responden. Instrumen yang digunakan suntuk pengumpulan data adalah tes prestasi belajar pada materi pokok bahasan integral dalam bentuk pilihan ganda. Sebelum tes prestasi digunakan sebagai penelitian terlebih dahulu instrumen tersebut dilakukan uji coba. Pada uji coba tes prestasi dilakukan uji reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Dari hasil uji coba instrumen diperoleh nilai reliabilitas dengan metode Alpha KR-20 adalah 0.857. Data yang digunakan untuk uji keseimbangan adalah nilai raport mata pelajaran matematika semester 2 kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2 pada saat siswa kelas XI tahun pelajaran 2009/2010. Data variabel prestasi belajar matematika dikumpulkan menggunakan metode tes prestasi belajar matematika pada materi pokok integral. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Sebagai persyaratan penelitian dilakukan uji keseimbangan dengan uji-t dan sebagai persyaratan analisis data dilakukan uji normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan metode Bartlett. Berdasarkan hasil perhitungan pada analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama diperoleh hasil: (1) pendekatan konstruktivisme dengan media animasi macromedia flash MX dan media microsoft power point mempunyai pengaruh yang berbeda terhadap prestasi belajar siswa ( Fa = 4,8768 > 3,91755 = F0.05:1, 124). (2) kemampuan awal siswa (tinggi, sedang dan rendah) mempunyai pengaruh yang berbeda terhadap prestasi belajar siswa ( Fb = 8,1117 > 3,06929 = F 0.05:2,124 ). (3) Tidak terdapat interaksi antara media komputer (macromedia flash MX dan microsoft power point) dengan kemampuan awal (tinggi, sedang dan rendah) terhadap prestasi belajar siswa ( Fab = 2,3052 < 3,06929 = F 0.05:2,124 ). Dari hasil perhitungan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dapat disimpulkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh media komputer terhadap prestasi belajar matematika pada materi integral. Prestasi belajar siswa dengan media pembelajaran macromedia flash MX lebih baik daripada prestasi belajar siswa dengan media pembelajaran microsoft powerpoint pada materi integral. (2) Terdapat pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar siswa pada materi integral. Prestasi belajar siswa dengan kemampuan awal tinggi lebih baik daripada prestasi belajar siswa dengan kemampuan awal sedang, sedangkan prestasi belajar siswa dengan kemampuan awal tinggi lebih baik daripada prestasi siswa dengan kemampuan awal rendah dan prestasi belajar siswa dengan kemampuan awal sedang sama dengan prestasi belajar siswa dengan kemampuan awal rendah pada materi pokok integral. (3) Tidak ada interaksi antara media komputer yang digunakan dengan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok integral. Pada media komputer (macromedia flash MX dan Microsoft power point) prestasi belajar siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang mempunyai kemampuan awal sedang, sedangkan prestasi belajar siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang mempunyai kemampuan awal rendah dan prestasi belajar siswa yang mempunyai kemampuan awal sedang sama dengan prestasi belajar siswa yang mempunyai kemampuan awal rendah pada materi pokok integral. Sedangkan pada kriteria kemampuan awal (tinggi, sedang dan rendah) prestasi belajar siswa dengan menggunakan media komputer macromedia flash MX lebih baik daripada prestasi belajar siswa dengan media komputer Microsoft power point pada materi pokok integral. Kata Kunci : Pendekatan Konstruktivisme, Media Komputer, Kemampuan Awal dan Prestasi Belajar Matematika Rissa Thesesha Malanggi Ringkin. S850809113. THE EXPERIMENTATION ON THE CONSTRUCTIVISM APPROACH THROUGH THE USE OF COMPUTER MEDIA VIEWED FROM THE STUDENTS’ INITIAL ABILITIES IN THE MAIN TOPIC OF DISCUSSION OF INTEGRAL NUMBERS IN THE STATE SENIOR SECONDARY SCHOOLS IN LAMANDAU REGENCY. Principal Advisor: Drs. Tri Atmojo K., M.Sc., Ph.D and Co-advisor: Drs. Suyono, M.Si. Thesis: The Graduate Program in Mathematics Education, Sebelas Maret University, Surakarta. 2011. The objectives of this research are: (1) to investigate which of the constructivism approach with the animation media of Macromedia Flash MX and the constructivism approach with the computer media of Microsoft Power Point can give a better learning achievement in Mathematics in the main topic of discussion of Integral Numbers; (2) to investigate at which initial ability level (high, medium, or low) there is a better learning achievement in Mathematics in the main topic of discussion of Integral Numbers; (3) to investigate whether there is an interaction or not between the constructivism approach with the computer media (Macromedia Flash MX and Microsoft Power Point) and the students’ initial abilities (high, medium, or low) toward the learning achievement in Mathematics. This research used the quasi-experimental method. The population of this research consisted of the 12th-grade students of the state senior secondary schools throughout Lamandau Regency in the Academic Year of 2010/2011. The sampling was conducted through the cluster random sampling, which involved the 12th-grade students of SMA Negeri 1 Sematu Jaya, which consisted of one class as the Experiment Class 1 and another class as the Experiment Class 2, and also those of SMA Negeri Methobi Raya, which consisted of one class as the Experiment Class 1 and another class as the Experiment Class 2, with the total number of 130 students. The instrument of learning achievement in Mathematics was experimented in SMA Negeri 1 Bulik, which involved 72 respondents. The data were gathered through the instrument of learning achievement test in the main topic of discussion of Integral Numbers, which was in the multiple-choice form. Prior to the use of this achievement test as the instrument, the test concerning its reliability, differentiability, and Index of Difficulty (ID) was conducted. Out of such test, the reliability value of 0.868 was obtained through the method of Alpha KR-20. The data in use for the balance test were gathered through the scores for Mathematics of the students of the Experiment Group 1 and those of the Experiment Group 2 when they were in the second semester of the 11th grade in the Academic Year of 2009/2010. The data of the variable of learning achievement in Mathematics were gathered by using the method of learning achievement test in Mathematics in the main topic of discussion of Integral Numbers. The research used the technique of Two-way Analysis of balance test as the prerequisite of the research. The normality test in use of the Lilliefors method and the homogeneity test in use of the Bartlett method were conducted as the prerequisites of the data analysis. Based on such Two-way Analysis of Variance with Unequal Cells, the hypotheses were obtained as follow: (1) constructivism approach with animation media of Macromedia Flash MX and Microsoft Power Point gives a different influence toward the learning achievement of the students (Fa = 4.8768 > 3.91755 = F0.05:1, 124); (2) the students’ initial abilities (high, medium, and low) have different influences toward the learning achievement of the students (Fb = 8.1117 > 3.06929 = F0.05:2, 124) ; (3) there is no interaction between the constructivism approach with the computer media of Macromedia Flash MX and Microsoft Power Point and the students’ initial abilities (high, medium, and low) toward the learning achievement of the students (Fab = 2.3052 < 3.06929 = F0.05:2, 124). Based on such Two-way Analysis of Variance with Unequal Cells the results of the research are as follows: (1) there is an influence from the computer media toward the learning achievement in Mathematics in the main topic of discussion of Integral Numbers. The learning achievement of the students achieved through the use of the learning media of Macromedia Flash MX is better than that achieved through the use of the learning media of Microsoft Power Point in the main topic of discussion of Integral Numbers; (2) there is an influence from the students’ initial abilities toward the students’ learning achievement in the main topic of discussion of Integral Numbers. The learning achievement of the students with high initial abilities is better than that of those with medium initial abilities while the learning achievement of the students with high initial abilities is better than that of those with low initial abilities and the learning achievement of the students with medium initial abilities is the same as that of those with low initial abilities in the main topic of discussion of Integral Numbers; (3) there is no interaction between the computer media in use and the students’ initial abilities toward the main topic of discussion of Integral Numbers. With the computer media of Macromedia Flash MX and Microsoft Power Point in use the learning achievement of the students with high initial abilities is better than that of those with medium initial abilities while the learning achievement of the students with high initial abilities is better than that of those with low initial abilities and the students with medium initial abilities have the same learning achievement as those with low initial abilities in the main topic of discussion of Integral Numbers. In addition, the learning achievement of the students achieved through the use of the computer media of Macromedia Flash MX is better than that achieved through the use of the computer media of Microsoft Power Point at all levels of initial abilities (high, medium, and low). Keywords: constructivism approach, computer media, initial abilities, and learning achievement in Mathematics

    Item Type: Thesis (PhD)
    Uncontrolled Keywords: Pendekatan Konstruktivisme, Media Komputer, Kemampuan Awal dan Prestasi Belajar Matematika constructivism approach, computer media, initial abilities, and learning achievement in Mathematics
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Fairly Okta'mal
    Date Deposited: 20 Jul 2013 00:29
    Last Modified: 20 Jul 2013 00:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7097

    Actions (login required)

    View Item