LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM RANGKA MENINGKATKAN MINAT SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA 2 BAE KUDUS

Nooryono, Edhy (2009) LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM RANGKA MENINGKATKAN MINAT SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA 2 BAE KUDUS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (432Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah di SMA 2 Bae Kudus, dalam Penerapan Sumber Belajar Lingkungan ( Situs Sejarah )sebagai Sumber Belajar ; (2) Mendeskripsikan Hambatan dan cara mengatasinya dalam penerapan pembelajaran Sejarah dengan menggunakan media lingkungan ( situs Sejarah ) sebagai media belajar ; (3) Mendeskripsikan Apakah media pembelajaran dengan menerapkan media 8 pembelajaran lingkungan ( situs sejarah ) dapat meningkatkan minat belajar sejarah. Penelitian ini dilakukan pada Tahun Pelajaran 2008/2009 di SMA 2 Bae Kudus. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan strategi studi kasus tunggal terpancang. Sumber data diperoleh dari informan, peristiwa atau aktivitas, tempat atau lokasi, arsip dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi langsung berperan pasif, mencatat dokumen atau arsip. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan time sampling. Guna memperoleh validitas data digunakan triangulasi data/sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif dengan komponen utama, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi sebagai suatu siklus. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Pelaksanaan pembelajaran sejarah di SMA 2 Bae Kudus, dalam penerapan media lingkungan ( situs sejarah ) sebagai sumber belajar, sudah terlaksana, walaupun belum optimal. Hal ini karena Guru sejarah di SMA 2 Bae Kudus, lebih cenderung menyelesaikan matari pelajaran sejarah yang terdapat di dalam kurikulum sejarah ; (2) Dengan penerapan media pembelajaran sejarah dengan menggunakan lingkungan (situs sejarah), maka minat dan prestasi belajar siswa SMA 2 Bae Kudus dapat meningkat ; (3) Kepala Sekolah selalu mendorong semua guru di SMA 2 Bae Kudus untuk memanfaatkan media lingkungan sebagai sumber belajar siswa dengan memberikan fasilitas, sarana dan prasarana. Hasil penelitian ini dapat diharapkan dapat menjadi masukan dan sebagai salah satu bahan pertimbangan bagi guruu sejarah khususnya di SMA untuk meningkatkan kemampuan mengajar dalam memanfaatkan lingkungan (situs sejarah) sebagai sumber belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Ahmad Santoso
    Date Deposited: 19 Jul 2013 23:34
    Last Modified: 19 Jul 2013 23:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7082

    Actions (login required)

    View Item