ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PRODUK SUARA MERDEKA PRESS DI SURAKARTA

Aryudita, Restyani (2009) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PRODUK SUARA MERDEKA PRESS DI SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (967Kb)

    Abstract

    Penelitian Tugas Akhir ini dilakukan di PT. Suara Merdeka Press Surakarta. Judul yang diambil dalam penelitian ini adalah “Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk Suara Merdeka Press Di Surakarta”. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan PT. Suara Merdeka berdasarkan dimensi Reliability (Reliabilitas),Tangibles (Bukti Fisik),Assurance (Jaminan),Empathy (Empati) serta mengetahui harapan (expectation) pelanggan, tingkat Kepentingan (Importance) pelanggan, dan mengetahui kinerja (performance) yang diberikan oleh PT. Suara Merdeka Surakarta. Teknik pengumpulan data adalah dengan metode kuesioner, observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Pengambilan sampel dengan convenience sampling, dimana jumlah responden yang diambil sebanyak 100 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan analisis indeks kepuasan pelanggan Weighted Servqual Analysis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa indeks kepuasan pelanggan Suara Merdeka sebesar 2543 yang berarti sangat puas, dimana untuk klasifikasi sangat puas interval skor kepuasan adalah 1728 – 2880 dan nilai rata-rata indeks kepuasan untuk tiap dimensi dan atribut sebesar 0,43 yang berarti masuk dalam klasifikasi puas, dimana interval skor kepuasan berada antara 0,03 - 0,78. Karena hasil dari indeks kepuasan pelanggan dan rata-rata total indeks kepuasan pelanggan menunjukkan hasil ≥ 0 atau positif maka ini menunjukkan bahwa PT Suara Merdeka Surakarta dapat memenuhi bahkan melebihi dari apa yang diharapkan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan atau dengan kata lain pelanggan merasa puas. Secara berurutan kontribusi indeks kepuasan pelanggan dari yang terbesar sampai terkecil sebagai berikut : Dimensi Jaminan (0,78), Dimensi Reabilitas (0,58), Dimensi Bukti Fisik (0,33), Dimensi Empati (0,03). Saran yang dapat penulis sampaikan kepada PT Suara Merdeka Surakarta yaitu mempertahankan Dimensi Jaminan yang telah memuaskan pelanggan dalam hal keberadaan produk sebagai produk yang berkualitas dan prestisius serta harga yang ditetapkan sesuai dengan berita yang pembaca dapatkan. Meningkatkan dimensi Empati yaitu ciri khas kedaerahan yang merupakan dimensi terlemah dalam kualitas produk Suara Merdeka, dengan meningkatkan ciri khas kedaerahan. Lebih meningkatkan dimensi Reabilitas khususnya kelengkapan dan keanekaragaman berita, pemilihan berita sebagai topik utama yang menarik, keakuratan berita serta bahasa yang mudah dinikmati, karena dianggap paling penting oleh pelanggan . Kata kunci : kepuasan konsumen

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Ahmad Santoso
    Date Deposited: 19 Jul 2013 23:30
    Last Modified: 19 Jul 2013 23:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7081

    Actions (login required)

    View Item