PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK DASAR DENGAN AUTOCAD (Experimen pada Klas X Program Studi Teknik Gambar Bangunan SMK Se Kabupaten Pati Jawa Tengah)

RETNO, MARIA IMMACULATA (2011) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK DASAR DENGAN AUTOCAD (Experimen pada Klas X Program Studi Teknik Gambar Bangunan SMK Se Kabupaten Pati Jawa Tengah). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2584Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1). Perbedaan pengaruh Strategi pembelajaran backward chaining dan forward chaining terhadap hasil belajar menggambar teknik dasar dengan autocad; (2). Perbedaan pengaruh gaya kognitif field independent dan field dependent terhadap hasil belajar menggambar teknik dasar dengan autocad; (3). Interaksi pengaruh strategi pembelajaran dan gaya kognitif siswa terhadap hasil belajar menggambar teknik dasar dengan autocad. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen rancangan factorial 2 x 2 dengan penyajian data secara deskriptif analisis. Populasi penelitian adalah siswa kelas X di SMK N 2 Pati dan SMK Bhina Tunas Bhakti Juwana, Pati Jawa Tengah. Teknik pengambilan sampling menggunakan teknik Cluster random sampling sejumlah 90 siswa terdiri dari 40 siswa kelompok eksperimen dan 50 siswa kelompok control. Teknik pengumpulan data menggunakan tes GEFT dan hasil praktek menggambar Teknik, analisis data menggunakan analisis varians dua jalan, dengan prasarat uji analisis menggunakan uji normalitas, dan uji homogenitas, dengan taraf signifikansi 5 %. Hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan : (1). Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara strategi backward chaining dan forward chaining terhadap hasil belajar menggambar teknik dasar dengan autocad. Hal ini dibuktikan dari harga F hitung = 133,203 > F tabel (α = 0,05) = 3,97 ; sehingga hipotesis yang dikemukakan teruji kebenarannya.(2) Terdapat perbedaan pengaruh gaya kognitif field independent dan field dependent terhadap hasil belajar menggambar teknik dasar dengan autocad. Hal ini dibuktikan dari harga F hitung = 200,630 > F tabel (α = 0,05) = 3,97 ; sehingga hipotesis yang dikemukakan teruji kebenarannya. (3) Terdapat interaksi pengaruh strategi pembelajaran dan gaya kognitif siswa terhadap hasil belajar menggambar teknik dasar dengan autocad. Hal ini dibuktikan dari harga F hitung = 32,480 > F tabel (α = 0,05) = 3,97 ; sehingga hipotesis yang dikemukakan teruji kebenarannya.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 19 Jul 2013 22:52
    Last Modified: 19 Jul 2013 22:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7067

    Actions (login required)

    View Item