Hubungan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Asuhan Kebidanan II Pada Mahasiswa D IV Kebidanan FK UNS

Putri, Allania Hanung (2010) Hubungan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Asuhan Kebidanan II Pada Mahasiswa D IV Kebidanan FK UNS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (333Kb)

    Abstract

    Tujuan pokok perguruan tinggi adalah untuk mempersiapkan peserta didik untuk memiliki kemampuan akademis untuk hidup ditengah masyarakat. Belajar merupakan suatu proses yang berlangsung sacara terus menerus dalam kehidupan manusia. Gaya belajar mengacu pada bagaimana peserta didik menerima informasi dan mengolahnya. Ada tiga gaya belajar yang dominan dalam mempengaruhi prestasi belajar peserta didik. Yaitu visual, auditorial, dan kinestetik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan gaya belajar dengan prestasi belajar mata kuliah asuhan kebidanan II pada mahasiswa D IV Kebidanan FK UNS. Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan pada bulan Juni 2010 dan populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa D IV Kebidanan yang telah menempuh mata kuliah asuhan kebidanan II sebanyak 178 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling (30 untuk uji coba kuesioner dan 85 untuk sampel). Teknik pengumpulan data untuk gaya belajar dengan menggunakan kuesioner, sedangkan untuk prestasi belajar dengan menggunakan dokumentasi nilai mata kuliah Asuhan Kebidanan II. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisa chi kuadrat dengan bantuan program SPSS 12 for Windows. Hasil analisis data penelitian adalah X2 hitung 7,098 lebih besar dari X2 tabel yaitu 5,991, menunjukkan hipotesis penelitian diterima. Berarti ada hubungan antara Gaya Belajar Mahasiswa dengan Prestasi Belajar Mahasiswa D IV Kebidanan FK UNS.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > D4 - Kebidanan
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 19 Jul 2013 22:40
    Last Modified: 19 Jul 2013 22:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7064

    Actions (login required)

    View Item