PENGUKURAN KINERJA DENGAN BALANCED SCORECARD PADA UNIT SIMPAN PINJAM KOPERASI SERBA USAHA (KSU) MEKAR SURYA KARANGANYAR TAHUN 2010

KHOLIFATURROHMAH, RAMITA (2011) PENGUKURAN KINERJA DENGAN BALANCED SCORECARD PADA UNIT SIMPAN PINJAM KOPERASI SERBA USAHA (KSU) MEKAR SURYA KARANGANYAR TAHUN 2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1900Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja Unit Simpan Pinjam Koperasi Serba Usaha (KSU) Mekar Surya Karanganyar apabila diukur dengan menggunakan konsep Balanced Scorecard melalui empat perspektif, yaitu: perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Sesuai dengan tujuan penelitian ini, maka peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Strategi penelitian yang digunakan adalah strategi tunggal terpancang, bila ditinjau dari apek yang diteliti, penelitian ini merupakan studi kasus (case study). Dalam penelitian ini penentuan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Sumber data yang digunakan adalah informan, dokumen, dan arsip. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Validitas data dilakukan dengan cara trianggulasi sumber dan review informan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model interaktif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Hasil pengukuran kinerja Unit Simpan Pinjam Koperasi Serba Usaha (KSU) Mekar Surya Karangnyar dilihat dari perspektif keuangan secara umum dinilai ”cukup”. Hal ini dapat dilihat peningkatan pendapatan yang mengalami penurunan dan dinilai kurang, peningkatan SHU yang mengalami penurunan sehingga dinilai kurang, efisiensi biaya yang mengalami penurunan sehingga dinilai baik, cash ratio yang mengalami peningkatan sehingga dinilai baik, rasio modal terhadap total aktiva yang mengalami peningkatan dan penurunan sehingga dinilai cukup, dan rasio rentabilitas modal yang mengalami peningkatan sehingga dinilai baik (2) Hasil pengukuran kinerja dilihat dari perspektif pelanggan secara umum dinilai ”baik”. Hal ini dapat dilihat akuisisi pelanggan, retensi pelanggan, dan kepuasan pelanggan yang dinilai ”baik”. (3) Hasil pengukuran kinerja dilihat dari perspektif proses bisnis intenal secara umum dinilai ”baik”. Hal ini dapat dilihat pada proses inovasi, proses operasi, dan layanan purna jual yang semuanya dinilai ”baik”. (4) Hasil pengukuran kinerja dilihat dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan secara umum dinilai ”cukup”. Hal ini terbukti dengan tingkat retensi karyawan yang dinilai cukup, produktivitas karyawan yang mengalami peningkatan dan dinilai baik, serta kapabilitas karyawan yang mengalami peningkatan yang tidak signifikan dan dinilai cukup. (5) Berdasarkan hasil penilaian kinerja Unit Simpan Pinjam Koperasi Serba Usaha (KSU) Mekar Surya Karangnyar tahun 2010 diperoleh hasil bahwa total skor penilaian kinerja adalah 8, dari total bobot standar 15. Sehingga rata-rata skor adalah 8/15 = 0,53 (terletak antara 0-0,6) yang menunjukkan kinerja Unit Simpan Pinjam Koperasi Serba Usaha (KSU) Mekar Surya Karangnyar secara keseluruhan dinilai cukup baik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 19 Jul 2013 21:27
    Last Modified: 19 Jul 2013 21:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7041

    Actions (login required)

    View Item