PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI METODE QUANTUM LEARNING ANAK TUNANETRA KELAS IV SDLB NEGERI CANGAKAN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011

Lestari, Afti (2011) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI METODE QUANTUM LEARNING ANAK TUNANETRA KELAS IV SDLB NEGERI CANGAKAN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (737Kb)

    Abstract

    Penelitian ini berkenaan dengan upaya meningkatkan prestasi belajar IPA anak tunanetra melalui metode Quantum Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan prestasi belajar IPA setelah menerapkan metode Quantum Learning dalam pembelajaran anak tunanetra di SDLB Negeri Cangakan Karanganyar Tahun Ajaran 2010/ 2011. Metode Quantum Learning merupakan metode yang memberikan rasa nyaman dan menyenangkan saat pembelajaran. Quantum Learning merupakan interaksi yang mengubah energi menjadi cahaya. Prestasi Belajar IPA adalah tingkat ilmu alam yang dimiliki siswa dalam menerima, menolak, dan menilai informasi-informasi yang berupa fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan kehidupan alam pada bahan kajian biologi, fisika, kimia dan ilmu alam semesta. Penelitian ini berbentuk Classroom Action Research/Penelitian Tindakan Kelas merupakan pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Penelitian ini berupa kolaborasi atau kerjasama antara peneliti, guru, dan siswa. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas IV SDLB N Cangakan Karanganyar dan data berupa prestasi belajar IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Untuk menguji validitas data penulis menggunakan triangulasi teknik dan review informan kunci. Teknis analisis yang digunakan adalah dengan analisis kritis dan analisis deskriptif komparatif. Data kualitatif dianalisis dengan teknik analisis kritis sedangkan data yang berupa tes diklasifikasikan sebagai data kuantitatif. Data tersebut dianalisis secara deskriptif komparatif, yakni membandingkan nilai tes antar siklus dengan indikator pencapaian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode Quantum Learning dalam pembelajaran meningkatkan prestasi belajar IPA anak tunanetra kelas IV SDLB Negeri Cangakan Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Users 864 not found.
    Date Deposited: 19 Jul 2013 21:19
    Last Modified: 19 Jul 2013 21:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7037

    Actions (login required)

    View Item